WASHI NINGYO 3D KERAJINAN TANGAN ASAL JAPAN

321

Mediahavefun.com, Jakarta. Setelah pembahasan kerajinan tangan asal Japan yaitu 3D Art kurumi, kini kami membahas kerajinan tangan yang lain dan masih tetap dari negara asal Japan yaitu washi ningyo.

Sejarah singkat

Negara Jepang sejak Zaman  dulu sudah mengenal dan membuat figure – figure boneka seperti Haniwa dalam Kofun ( kisaran 300 – 600 SM ). Dan kini pada zaman modern sudah banyak berbagai jenis boneka asal Jepang yang telah dibuat dalam berbagai media, diantaranya Washi Ningyo 2 D atau 3D.

Washi Ningyo terdiri dari 2 kata yaitu Washi dan Ningyi, dimana kata washi ( 和紙 )merupkan gaya kertas yang pertama kali dibuat di Jepang. Washi biasanya diibuat menggunakan serat dari kulit pohon gampi, semak mitsumata (edgeworthia chrysantha) atau kertas murbei. Selain itu juga dapat dibuat dengan menggunakan bamboo, rami, beras dan gandum.

“wa” (和) dan “shi” (紙) yang berarti kertas, dan istilah ini digunakan untuk menggambarkan kertas yang dibuat dengan tangan dengan cara tradisional. Sedangkan ningyō dalam kanji (人形) berarti dua karakter yang terpisah, yang berarti orang dan bentuk. Ini dapat diterjemahkan sebagai boneka atau patung. Biasanya gerakan boneka memberikan suatu bentuk hiburan. Maka washi ningyō berarti nama generik boneka dibuat dengan menggunakan kertas buatan tangan Jepang,

Jenis-Jenis Washi pada umumnya:

  1. Ganpishi (雁皮紙) = Pada zaman kuno disebut Hishi (斐紙). Ganpishi memiliki permukaan halus dan mengkilat serta di gunakan untuk buku dan kerajinan.
  2. Kozogami (楮紙) = Kozogami terbuat dari serat murbei dan kozo. Ini adalah jenis washi yang paling banyak digunakan orang. Kekuatannya sama dengan kain daripada kertas biasa dan tidak robek jika disiram air.
  3. Mitsumatagami (三椏紙) = Mitsumatagami memiliki permukaan berwarna krem halus dan biasanya digunakan untuk shodo serta percetakan. Selain itu juga digunakan untuk mencetak uang kertas pada periode Meiji

Tutorial pembuatab washi ningyo 3D

Alat yang perlu disiapkan :

  • kertas washi jepang
  • kertas krep hitam
  • kertas origami polos
  • cardboard
  • standing kayu boneka
  • bola styrofoam
  • tusuk sate
  • cat putih
  • kawat
  • gunting
  • lem
  1. Pertama-tama ambil bola styrofoam dan pasang ke standing kayu untuk menjadikannya kepala washi. Lalu tempelkan cardboard pada sekeliling tubuh dari boneka. Kemudian ambil kertas krep yang sudah dipotong sesuai dengan bentuk poni serta rambut washi, lalu tempelkan hingga membentuk rambut seperti di gambar.

  1. Gunting kertas washi menjadi persegi panjang seperti di gambar, lalu pasang melipat pada leher boneka. Kemudian gunting kertas washi seperti pada gambar untuk membuat kimononya.

  1. Pasangkan kertas washi tadi ke seluruh badan boneka. Lalu lipat sedikit pada bagian bawahnya. Kemudian pasang kertas origami yang sudah digunting memanjang untuk membuat obinya. Buat lipatan yang cantik pada bagian belakang obi.

  1. Untuk hiasannya, buatlah sebuah bunga bouquet dari sisa kertas washi.

  1. Jika sudah, maka washi ningyo (3D) pun selesai! Siap untuk ditaruh untuk menghias meja belajar di kamar. [AFZ]

 

referensi :

wendysorigami.wordpress.com/2012/06/22/washi-ningyo-doll

aifudreams.blogspot.co.id/2013/06/washi-ningyo-3d.html

iroiro-nippon.blogspot.co.id/2013/06/washi-ningyo.html