Tradisi Unik Mengusir Setan Ala Jepang (Setsubun)

Tradisi Unik Mengusir Setan ala Orang Jepang

201

Mediahavefun.com – Orang Jepang percaya juga dengan hal-hal mistis ya? Kok sampe ada Tradisi Mengusir Setan segala sihh? Ya pasti percaya dong, bahkan sampai ada tokoh hantu terkenal dari Jepang namanya Sadako. Pasti pada tahu dong, Sadako itu hantu apa.. hehe,, itu lho yang tiba-tiba merayap keluar dari TV, wanita berambut panjang.. Hiii, kok jadi ngomongin Sadako..

Diawal bulan Februari di Jepang, orang-orang Jepang punya tradisi unik,yaitu Mengusir Setan. Dalam bahasa Jepang nya 節分 (dibaca Setsubun). Tepatnya tanggal 3 Februari kemarin. Tanya-tanya sama orang Jepang asli, katanya waktu dia kecil (yang ditanya sudah Obaachan alias Nenek-nenek, hehe) setiap Setsubun datang, dia sekeluarga melempar kacang-kacangan keluar rumah.

Tradisi Mengusir Setan
Ilustrasi Setsubun

Kata Obaachan, makna dari melempar kacang keluar rumah itu, agar setan-setan atau nasib buruk bisa pergi, dan hal-hal baik bergantian datang kedalam rumah. Sambil melempar kacang, begini kalimat yang diucapkan “鬼は外、運は内 (Oni wa Soto, Un wa Uchi), yang artinya “Setan keluarlah, Nasib Baik masuklah kedalam rumah”. Menarik ya tradisi orang Jepang. Tapi orang-orang di Jepang sekarang, katanya sudah jarang ada yang melempar kacang-kacangan seperti itu, karena alasan repot membersihkannya. Berharap sih tradisi unik ini tidak hilang ya..

Tradisi Mengusir Setan
Perayaan Setsubun di Dazaifu Tenmangu Fukuoka Jepang

Kalo gambar ini semacam Matsuri (Perayaan) Setsubun. Acaranya tanggal 3 Februari kemarin di Dazaifu Tenmangu, salah satu Kuil Shinto di daerah Fukuoka Jepang. Pengunjung membayar sebesar 300 Yen (kurang lebih sekitar idr 30.000). Tradisi nya pengunjung melempari orang yang memakai kostum Oni (Setan) dengan kacang-kacangan, dan sang Oni berusaha melawan dengan menangkis kacang-kacangan tersebut dengan pentungan yang dibawanya.

Walaupun namanya Tradisi Mengusir setan, tapi dikemas dengan cara-cara yang unik ya. Jika berkunjung ke Jepang di bulan Februari (di daerah Tokyo dan sekitarnya masih musim dingin, bawa baju hangat ya), coba saja hunting event terkait tradisi setsubun ini, silahkan menikmati keseruan dan keunikannya.

Foto : https://wonder-solutions.info/ yokanavi.com, kurumefan.com