Terjun Bersama Menelusuri Festival Budaya Korea

379
Festival Budaya Korea

mediahavefun.com – Bagi yang menyenangi kegiatan budaya dan juga seni yang menjadi ciri khas suatu negara. Mungkin salah satu yang bisa dilihat saat-saat ini perkembangan festival selain di Jepang, negara tetangganya Korea mempunyai festival tersendiri. Festival Budaya Korea juga mempunyai ciri tersendiri. Apa aja Festival Budaya yang dimiliki Korea?

Culture Festival

Festival budaya Korea ini bermacam-macam seni yang di tunjukan dan menarik perhatian wisatawan. Acara salah satunya antara lain.

  1. Geumsan Insam, Acara ini dilakukan di daerah Geumsam, daerah produksi gingseng terbesar, untuk festival ini mengarah ke acara pergelaran pameran perdagangan internasional dan obat-obatan tradisional. Acara disini menambah pengetahuan mengenai tanaman yang berkhasiat dan merupakan tanaman obat.
  2. Hi Seoul Festival, Acara ini diadakan ketika musim semi yang festivalnya menunjukan Parade, pertunjukan drama, pameran makanan, upacara adat, dan pertunjukkan lampu digelar sekaligus di beberapa sudut kota. Acara ini diadakan di kota Seoul, untuk acara disini ada kompetisi hewan peliharaan, pertunjukan tradisional Jepang, pertunjukan melawan banteng, parade Jongmyo Jerye, dan barongsai. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati kontes tari serta pertunjukkan perkusi khas Korea. Seni-seni tradisional Korea lain yang biasanya menjadi pengisi Hi Seoul Festival adalah Namsadangpae, Salpuri, Nongak dan Hangul Calligraphy.
  3. Andong Maskdance Festival, Festival ini di adakan di Andong sebuah kota yang terletak di Provinsi Gyeongsangbuk Korea Selatan yang dikenal sebagai pusat budaya dan tradisi rakyat. Maskdance Festival ini, pengunjung akan menikmati pertunjukkan tari topeng yang merupakan seni tradisional Korea. Tarian ini merupakan bagian peting dari warisan budaya, khususnya tarian Byeolsingut Talnori. Byeolsingut Talnori sudah menjadi kekayaan budaya tak benda yang penting bagi Korea. Ada juga tari Talchum yang merupakan pertunjukan sekaligus seni rakyat yang digunakan untuk menyindir dan mengejek para tuan tanah dari Dinasti Chosun. Tidak hanya tarian milik Korea saja yang akan dipertontonkan dalam festival ini namun tari-taraian topeng dari negara lain. Sehingga pengunjung bisa melihat aneka tarian dari berbagai tempat di dunia seperti Thailand, India, Filipina, Israel, Taiwan dan Malaysia.
  4. Chungju World Martial Art Festival, Festival mempertontonkan seni bela diri. Biasanya festival ini dibuka dengan penampilan dari berbagai seni bela diri seperti Taekgyeon, Taekwondo dan Hapkido oleh kelompok-kelompok martial art tradisional Korea.
  5. Jeonju International Sori Festival, Festival ini menampilkan olah vokal dan musik khas korea serta perpaduan dengan musik global. Festival ini juga menampilkan pertunjukan nyanyian dengan diringi dengan alat musik tradisional dan yang tampil memakai pakaian hanbook dengan menari dengan gerakan ritmis bersama-sama.

Culture Festival di Indonesia

Acara Festival budaya Korea yang dilakukan di Indonesia juga ada loh. Salah satunya yang bisa dinikmati oleh pengunjung adalah Korean Culture Day, yang dimana isinya memperlihatkan tradisional korea dari bentuk kaligrafi, pakaian tradisional korea hanbook. Juga bisa merasakan kuliner versinya event korea. Setiap tahunnya di Indonesia selalu diadakan dengan cara penyajian yang berbeda setiap tahunnya. Mungkin ini bisa jadi salah satu opsi kalian datang ke acara ini.