Team Penjaga Kebersihan Osoji Berada di Jak Japan Matsuri 2018

49

Mediahavefun.com – Jakarta. Jak – Japan Matsuri atau disingkat dengan JJM kembali hadir di tahun 2018 selama 2 hari dari 8 hingga 9 September ini, acara ini sangat meriah dikarenakan adannya festival music, beberapa bintang tamu yang didatangkan langsung dari negara sakura dan juga merayakan hubungan diplomatic  Indonesia dengan Japan yang ke 60. Kegiataan ini berada di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno ( GBK ) Senayan, Jakarta, Indonesia.

Kemeriahan ini sangat luar biasa karena adanya 3 stage dan luasnya area yang mungkin bisa menampung banyaknya para pengujung yang hadir lebih di tahun – tahun sebelumnya, seiring meningkatnya jumlah para pengujung maka akan sangat banyaknya sampah yang berserakan di area Jak – Japan Matsuri ini, maka seperti biasanya para penyelenggara mengundang komunitas kebersihan yaitu Osoji Club untuk menjaga kebersihan di area Jak – Japan Matsuri selama 2 hari.

Osoji club ini memang sudah diikenal di event Japan dan tersebar di wilayah Indonesia sebagai komunitas kebersihan dan mengedukasi tentang kebersihan lingkungan, sebagai mana semboyan nya “Sampahmu sebagai Tanggung Jawabmu”. Stand Komunitas Osoji Club ini kini berada di 2 titik, satu titik di Zona A dekat dengat patung presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno dan satu titik berada di Zona B dekat dengan Stand Makan Minuman.

Kegiataan  Jak – Jakpan Matsuri ini, Komunitas Osoji Club ini tidak sendiri mengatur kebersihan diarea event, meraka juga mengudang dari PT Minori dan PT Fukusuke dan Volunteer lainnya yang berjumlah total 250 orang selama 2 hari. Acara menjaga kebersihan ini terbagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan areanya dan waktunya, seperti umumnya dengan menggunakan system 1 jam kerja 1 jam istirahat. Kegiataan ini dimulai dari jam 10.00 pagi sampai jam 23.00 malam, untuk di jam 20.00 keatas hanya team inti saja yang bertugas dikarenakan para volunteer bertempat tinggal jauh dari Plaza Tenggara Gelora Bung Karno ( GBK ) Senayan, Jakarta, untuk menyesuaikan jadwal kendaraan umum sampai dirumah.

Kegiataan kebersihan ini mencangkup area Zona A dan Zona B sampai hingga kedalam both – both, kegiataan memunggut sampah ini berfokus pada di area Zona B dikarena, di Zona tersebut merupakan bagian stand makan yang sangat banyak ditemukan sisa – sisa makanan, dan juga ada  yang tidak membuang sampah pada tempatnya  terlebih lagi tempat sampah yang sudah ditempatkan selalu penuh dalam durasi hanya 1 jam saja.

Dibagian tempat sampah ini terbagi menjadi 3 kategori : 1 sampah daur ulang, 2 sampah organic dan 3 sampah non organic yang sudah dipasangkan gambar pada tempatnya sampah untuk mempermudah para pengujung membuang sampahnya. Dibagian acara terakhir setelah hanabi, beberpa team osoji bagian inti mengajak Hiroakoto untuk memungut sampah di sisa – sisa makanan dibagian zona bagian stand makanan. Acara ini berakhir sampai pada jam  12.00 malam [AFZ]