Skyworth Group dan Baidu Jalin Kerja Sama Strategis

214
Skyworth Group dan Baidu

mediahavefun.com – Beijing, 16 Maret yang lalu, Skyworth Group dan Baidu, Inc. (NASDAQ: BIDU) menjalin kerja sama strategis, Baidu akan menanamkan investasi strategis pada merek Internet TV milik Skyworth, Shenzhen Coocaa Network Technology Company Limited (Coocaa). Sistem kecerdasan buatan (AI) yang dapat melakukan obrolan DuerOS akan sepenuhnya disatukan dengan sistem Coocaa. Kedua pihak ingin bekerja sama dalam bidang AI, agar menyediakan produk dan layanan dasar smart home bagi konsumen.

Pendiri Baidu, Chairman dan CEO Robin Li, serta pendiri Skyworth Group Huang Hongsheng dan Chairman Lai Weide menghadiri acara peresmian kerja sama.

Pendiri, Chairman dan CEO Baidu Robin Li dan Chairman Skyworth Group Lai Weide bertukar cendera mata
Pendiri, Chairman dan CEO Baidu Robin Li dan Chairman Skyworth Group Lai Weide bertukar cendera mata

Kerja sama ini berfokus pada dua strategi:

Akses terhadap modal

Pada 16 Maret, Skyworth Digital Holdings Limited (00751.HK) mengumumkan rencana anak usaha yang seluruh sahamnya dimiliki Baidu, Dagze Bairuixiang Venture Investment Management Co untuk menanamkan investasi 1,01 miliar yuan (sekitar US$159,7 juta) pada Coocaa, anak usaha yang saham mayoritasnya dipegang Skyworth. Sebagai dampak dari transaksi tersebut, Dagze Bairuixiang Venture Investment Management Co akan menjadi pemegang saham terbesar kedua Coocaa. Menurut data yang tersedia, Coocaa meraih investasi strategis dari iQiyi milik Baidu pada September 2016, diikuti investasi serupa dari Tencent pada Juni 2017. Setelah menuntaskan babak investasi terbaru dari Baidu, valuasi pasar Coocaa akan mendekati 10 miliar yuan (sekitar US$1,6 miliar). Saat ini, Coocaa memiliki 28 juta pengguna aktif, dengan jumlah pengguna harian yang menembus 12 juta. Coocaa termasuk pemain terbesar dalam industri, dalam hal jumlah pengguna dan valuasi pasar.

Strategi Bisnis

Dalam hal produk, Skyworth ingin melansir seri TV AI, termasuk Q5, Q6 dan Q7, dilengkapi sistem operasi yang dikembangkan sendiri (proprietary) CoocaaOS dan sistem AI yang memakai obrolan dari Baidu, DuerOS. Sejumlah model smart TV yang sebelumnya dengan sistem Coocaa akan diperbarui secara bertahap dan memakai dual set up pada akhir tahun ini. Kedua perusahaan juga berencana melansir sejumlah produk smart-home dasar. Dalam hal teknologi, DuerOS akan sepenuhnya menyatu dengan sistem Coocaa, menganut kemampuan teknis Baidu yang termutakhir seperti pemindaian wajah dan foto ke dalam sistem Coocaa. Selain itu, Baidu dan Skyworth akan meneliti dan mengembangkan lebih banyak lagi solusi teknologi masa depan dalam sektor smart home.

Acara penandatanganan kesepakatan
Acara penandatanganan kesepakatan

Bidang utama yang akan digarap bersama Skyworth dan Baidu adalah smart home. Kerja sama ini akan mewujudkan penggabungan strategi kedua perusahaan secara ideal. Kemitraan tersebut akan membuat Skyworth sepenuhnya merambah bidang AI, menggabungkan internet dengan teknologi cip AI demi memperbarui TV serta sejumlah produk dan layanan lainnya. Dengan demikian, Skyworth dapat mewujudkan targetnya untuk mencapai valuasi senilai 100 miliar yuan. Sejalan dengan kemampuan AI dari Baidu yang telah menjangkau banyak peranti keras, kerja sama ini akan memfasilitasi kemampuan mesin pencari internet Baidu untuk memanfaatkan daya saingnya pada peranti lunak, algoritma, konten dan layanan di rumah.

Kerja sama yang saling melengkapi ini menyempurnakan posisi kepemimpinan kedua perusahaan dalam peranti lunak dan keras.