SEACA, Langkah Awal menjadi Atlet eSport Profesional untuk Indonesia

337

Mediahavefun.com – Jakarta. Tahun ini, adalah tahun bersejarah bagi Indonesia yaitu dengan diselenggarakannya Asian Games yang ke-18 di Jakarta – Palembang. Dan pada tahun inilah eSport mulai diakui dan di pertandingkan dalam serangkaian acara olahraga terbesar se-Asia tersebut, walaupun masih hanya sebatas hiburan semata. Akan tetapi pada ajang Asian Games 2022 mendatang, ada kabar baik bahwasanya eSport akan dipertandingkan secara resmi untuk memperebutkan medali.

Oleh sebab itu, UniPin eSport resmi menggelar acara besar yang bertemakan eSport yaitu SEACA (South East Asia Cyber Arena). Melalui kata sambutannya pada acara pembukaan acara SEACA, CEO & Co-Founder UniPin menyampaikan “Hanya satu mimpi kami, kami ingin memberikan kesempatan bagi para gamers di tanah air untuk menjadi atlet eSport profesional dan mampu bertanding di kancah internasional melalui ajang eSport seperti ini”. Tidak sampai disitu saja, harapannya dengan hadirnya acara SEACA ini diharapkan akan memotivasi serta menumbuhkan kesadaran pada generasi muda (millennials) bahwa eSports bila ditekuni secara sungguh-sungguh dan profesional akan menjadi profesi yang sangat menjanjikan.

Dan dalam peresmiannya yang diresmikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia pada tanggal 17 Oktober 2018, menyatakan bahwasanya pemerintah sangat mendukung kegiatan seperti ini untuk mempersiapkan atlet-atlet profesional yang akan mewakili Indonesia untuk bertanding di kancah Internasional. Acara SEACA ini akan berlangsung dari tanggal 17 – 21 Oktober di Mall Taman Anggrek, Jakarta. Bagi masyarakat umum yang ingin hadir menonton, acara ini tidak dipungut biaya. Dan berikut game yang akan dipertandingkan antara lain: Mobile Legends, Arena of Valor (AOV), PlayerUnknown’s Battleground (PUBG), Point Blank dan DOTA 2. Selain itu, kompetisi Cosplay juga turut meramaikan acara ini, penutupan akan dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Bapak Rudiantara S.Stat. MBA, dan performance dari RAN. Di acara SEACA ini, turut menghadirkan kompetisi World Electronic Sports Games (WESG) dengan total hadiah sebesar USD 5.500.000, dimana pemenangnya akan dikirim untuk bertanding mewakili Indonesia di kancah Internasional yang grand finalnya akan diselenggarakan di China.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah saksi sejarah perkembangan eSport di Indonesia dan #SaatnyaHaveFun at SEACA (South East Asia Cyber Arena)[VTK].