Disaat Harus Memilih PUTIH atau Hitam (Teater Niyaniya)

829

Media Have Fun, Jakarta- Teater Niyaniya merupakan komunitas teater kejepangan yang didirikan oleh alumni Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia pada 11 Januari 2014. Komunitas ini bertujuan memperkenalkan budaya Jepang kepada masyarakat dengan mempertunjukan pementasan yang mencampurkan unsur Jepang dengan unsur lokal Indonesia, baik dari segi bahasa maupun budaya. Teater Niyaniya menjadi wadah bagi anggotanya untuk mengekspresikan minat dan bakat di kegiatan perteateran.

Kata “Niyaniya” merupakan sebuah onomatopeia dalam bahasa Jepang “niyaniyasuru” untuk mengungkapkan sebuah seringaian atau perilaku menyeringai. Nama ini dipilih sebagai harapan dalam mewujudkan terlampauinya ekspektasi dalam setiap pementasan. Teater Niyaniya berusaha terus berkomitmen untuk memberikan sebuah pementasan dengan hasil yang  melampaui ekspektasi.

Sejak berdirinya, Teater Niyaniya telah melakukan 6 kali produksi. Produksi tersebut diantaranya adalah Haruka, Cool Japan, Tomurai Gassen, Kioku, dan Jitsu Wa. Teater Niyaniya terus mengembangkan kemampuan dan mengadakan pementasan secara kontinyu dengan tetap memerhatikan dan menjaga kualitas. Dengan motto Entheaternent, berharap mampu menghibur masyarakat sekaligus menjadikannya pengalaman dan kebanggan bagi setiap individu yang terlibat dalam pementasan.

Pementasan PUTIH HITAM ” PADA AKHIRNYA HANYA ADA AKU” menceritakan di suatu benua hidup dua kerajaan dalam peperangan tanpa ujung, putih dan hitam. Putih yang sudah lelah diserang oleh Hitam memutuskan untuk mengakhiri peperangan sesegera mungkin.

Lucy, pemimpin Putih dengan bantuan dari sahabatnya mencanangkan ide untuk membuat senjata yang dapat dengan mudah menghabisi Hitam. Bersama dengan Edna seorang ilmuan kerajaan Putih, Oscar si pengrajin besi, dan Yuto si penasihat kerajaan Putih, mereka membantu Lucy untuk melawan para Hitam.

Sementara Hitam, sibuk mengurusi diri mereka masing-masing. Morgan dengan uangnya, sibuk bermalas-malasan di sofa, Luna dengan perilaku buruknya yang terus menggoda teman-temannya, Nostra dengan kecemburuannya sibuk menyusun rencana untuk menjatuhkan pemimpinnya, dan Leon si pemimpin hitam sibuk menghadapi anak buahnya dengan kemarahan dan ketegasannya.

Lalu Putih dan Hitam bertemu, rencana Putih ingin menghancurkan Hitam bocor. Hitam bersiap menantikan untuk menghancurkan Putih yang sudah kalah. Kemudian disaat itu ternyata sosok “Aku” mengambil keputusan yang ternyata tidak memilih Putih yang suci atau Hitam yang dosa. Yang PADA AKHIRNYA HANYA ADA AKU sosok yang lebih kuat dari Putih atau Hitam.

Pementasan PUTIH HITAM " PADA AKHIRNYA HANYA ADA AKU" menceritakan di suatu benua hidup dua kerajaan dalam peperangan tanpa ujung, putih dan hitam. Putih yang sudah lelah diserang oleh Hitam memutuskan untuk mengakhiri peperangan sesegera mungkin.
NIYANIYA-PUTIH HITAM Pada akhirnya hanya ada aku

PEMERAN:

AKUYULIUS THEDY

PUTIH:

LUCYSYARIFA AMALIA

YUTOFACHRI ADAM

OSCARJOYCE ANASTASIA

EDNAAFIF WINDY SEPTIANSYAH

HITAM:

LEONM FANAN MAULANA

LUNAVIRINICA CHRISTY S

MORGANDIMASYQI HARIS N

NOSTRAVIRA KHUMAIRA