BerandaFun InformasiPriska Sahanaya Jelaskan Teknik Public Speaking Efektif Bersama PRONAS di SMP Hati...

Priska Sahanaya Jelaskan Teknik Public Speaking Efektif Bersama PRONAS di SMP Hati Kudus

Foto kebersamaan Coach Priska Sahanaya dan guru beserta siswa-siswi SMP Hati Kudus. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Pentingnya Melatih Kemampuan Public Speaking

Kemampuan public speaking merupakan kemampuan komunikasi yang perlu diperkenalkan sejak dini karena kemampuan ini sangat bermanfaat untuk membantu anak untuk menjalin relasi dengan cara berkomunikasi pada teman sebayanya dan dengan orang-orang di sekitarnya. Dalam mengembangkan kemampuan public speaking, seorang anak perlu diberikan kesempatan untuk mencoba berbicara di depan banyak orang dan berusaha untuk mengekspresikan pemikiran dan perasaannya dengan jelas. Selama berlatih, kemampuan komunikasi yang masih dirasa terbatas perlu diperhatikan baik-baik dan dibantu dengan memberikan contoh-contoh yang dapat anak tiru dengan mudah agar anak dapat berkomunikasi dengan lebih baik lagi. Kegiatan presentasi baik di rumah dan di ruang kelas dapat menjadi kesempatan bagi orang tua dan guru untuk mengukur kemampuan komunikasi anak.

Coach Priska Sahanaya yang berusaha untuk berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan public speaking pada anak usia sekolah melanjutkan acara workshop public speaking gratis di berbagai tingkatan sekolah, mulai dari tingkatan SD, SMP, SMA, dan SMK. Pada 4 Juni 2024, Coach Priska Sahanaya berkesempatan untuk mengadakan workshop di SMP Hati Kudus yang disponsori oleh Pronas. Praktisi Public Speaking ini memilih untuk terjun langsung dalam memberikan edukasi mengenai public speaking dengan mengangkat tema “4 Teknik Presentasi.” Pada kesempatan tersebut, Coach Priska Sahanaya menjelaskan mengenai teknik-teknik presentasi yang dapat menarik perhatian dan memberikan kesan positif pada audiensnya.

Workshop yang Interaktif

Sesi tanya jawab bersama Coach Priska Sahanaya mengenai public speaking. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Pemaparan materi disambut dengan antusiasme tinggi para siswa-siswi dikarenakan Coach Priska Sahanaya mengadakan kompetisi selama acara berlangsung. Pada kompetisi tersebut, Coach Priska Sahanaya meminta partisipasi para siswa-siswi untuk aktif bertanya mengenai materi yang disampaikannya dan para siswa-siswi juga diminta untuk menunjukkan kemampuan public speaking-nya di depan kelas. Siswa yang aktif berpartisipasi akan mendapatkan poin yang di akhir acara akan diakumulasikan dan siswa dengan poin terbanyak akan mendapatkan medali penghargaan dari Coach Priska Sahanaya.

Foto bersama Coach Priska Sahanaya dan pemenang kompetisi public speaking di SMP Hati Kudus. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Guru-guru SMP Hati Kudus turut senang melihat metode pengajaran Coach Priska Sahanaya yang interaktif sehingga dapat membantu siswa-siswi untuk memahami dan menerapkan materi public speaking dengan lebih baik lagi. Siswa-siswi tidak merasa ragu dan malu lagi untuk menunjukkan kemampuannya karena seluruh siswa aktif berpartisipasi dan saling mendukung satu sama lain ketika teman-temannya berani bertanya dan tampil di depan kelas. Para guru SMP Hati Kudus merasa acara yang bermanfaat seperti ini sangat diperlukan untuk diadakan di sekolah-sekolah lainnya dan mengharapkan Coach Priska Sahanaya dapat mengadakan workshop dengan membawakan materi-materi public speaking lainnya.

Cooking Tour Bersama PRONAS

Acara workshop juga dimeriahkan oleh kegiatan cooking tour yang disponsori oleh Pronas. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Acara workshop ini disemarakkan juga oleh kegiatan cooking tour bersama Pronas yang mana siswa-siswi SMP Hati Kudus berkesempatan untuk mengikuti demo masak resep-resep praktis dan lezat ala Pronas dan menyantap hidangan tersebut bersama-sama. Sebagai pelopor makanan kaleng yang telah selama 70 tahun menjamin kualitas dan kelezatan yang tak terlupakan, Pronas menjadi makanan inovatif pilihan keluarga Indonesia dengan beragam produk-produk unggulan seperti frozen food, produk siap makan, siap saji, dan siap masak yang terjamin efisien, higienis, dan mudah didapatkan di minimarket dan supermarket mana saja.

Testimoni Siswa

Sesi power whoosh, yaitu siswa-siswi memberikan dukungan kepada siswa-siswi yang berani maju ke depan kelas. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Workshop yang diselenggarakan Coach Priska Sahanaya ini berhasil menginspirasi dan rupanya dapat menghibur para siswa-siswi. Salah satu siswa kelas 8 bernama Jensen memberikan kesan yang dirasakannya setelah mengikuti acara, “Menurut saya, yang paling menarik saat sesi adalah pada saat Coach Priska Sahanaya menerangkan sangat asyik dan tidak membosankan karena semua dibawa dengan candaan, lelucon, dan pantun. Dari materi yang Coach Priska Sahanaya berikan, kami menjadi tahu bahwa public speaking memiliki tiga bagian, yaitu intonasi, bahasa tubuh, dan (pengolahan) kalimat. Dari situ juga kami bisa belajar bahwa public speaking sangat berguna untuk kita. Menurut saya, Kak Priska Sahanaya itu orangnya baik, asyik, dan inspiratif,” ungkap Jensen.

Selanjutnya Gwen, salah satu siswi kelas 7, juga memberikan kesan yang didapatkannya tentang pembawaan dan materi yang telah dijelaskan Coach Priska Sahanaya, “Menurut saya sendiri, ada beberapa hal yang menarik dari sesi ini, contohnya adalah bagaimana penyampaian Kak Priska Sahanaya yang sangat-sangat bagus, menarik, dan gampang dimengerti. Lalu, Kak Priska Sahanaya sangat banyak mengajak interaksi kami para murid sehingga kami lebih tertarik lagi. Dan yang ketiga adalah setiap anak yang menjawab akan mendapatkan poin dan itu membuat kami rasanya jadi ingin ikut menjawab, jadi itu sangat menarik. Lalu, tiga hal yang menarik dari materi (public speaking) ini menurut saya materi ini sangat banyak dan mengajarkan kami bahwa public speaking bukan tentang kata-kata atau kalimat, tapi ada juga multi-stage. Jadi, kami yang public speaking harus jalan-jalan dan tidak diam di tempat. Lalu, juga ada bahasa tubuhnya. Dan juga, yang terakhir, banyak juga cara penutupan dan pembukaan (presentasi). Menurut saya, Coach Priska Sahanaya itu ramah, lembut suaranya, dan rapi,“ jelas Gwen

Testimoni Guru

Bapak Arifiska, selaku guru mata pelajaran IPA di SMP Hati Kudus, turut senang dengan pengajaran public speaking yang Coach Priska Sahanaya telah persiapkan sebaik mungkin. Menurutnya, “Tiga hal yang paling menarik dari materi hari ini adalah bagaimana kita membuka materi, bagaimana kita melakukan ice breaking, dan bagaimana kita mengetahui plotting atau mengetahui titik-titik ketika kita melakukan presentasi public speaking di hadapan khalayak umum. Menurut saya, Coach Priska Sahanaya itu elegan, pintar dan energik,” kata Pak Arifiska.

Selanjutnya Ibu Febriana, selaku guru mata pelajaran matematika dan wakil kesiswaan SMP Hati Kudus, juga turut menceritakan hal-hal yang menurutnya menarik selama acara berlangsung, “Tiga hal menarik dari acara hari ini khususnya di public speaking. Yang pertama adalah terkait anak-anak mendapatkan pengembangan dan juga ilmu yang baru untuk mereka bisa bicara di depan. Lalu yang kedua, di acara ini juga anak-anak dilibatkan banget, aktif jadi tidak pasif gitu. Anak-anak bisa secara aktif memegang mic, lalu menuangkan kata-kata atau pertanyaan-pertanyaan itu bisa terjawab. Lalu yang ketiga yang menarik adalah cara Miss Priska Sahanaya membawakan kegiatan hari ini sangat mencerminkan sebagai public speaker sekali. Jadi, anak-anak tidak mendapatkan hanya teori, tapi juga praktik bagi anak-anak yang terpilih ke depan. Jadi, sangat bersyukur untuk Miss Priska Sahanaya bisa masuk ke sekolah kami dan memberikan materi public speaking. Menurut saya, Coach Priska Sahanaya itu cantik, lalu energik banget membawa aura yang karismatik, dan artikulasi serta intonasinya jelas banget jadi anak-anak juga memahami sampai belakang,” timpal Bu Febriana.

Pesan dan Harapan Coach Priska Sahanaya

Foto kebersamaan Coach Priska Sahanaya bersama siswa-siswi SMP Hati Kudus. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Coach Priska Sahanaya mengharapkan kedepannya para guru dan siswa-siswi di SMP Hati Kudus dapat terus mengingat mengenai pentingnya menciptakan ruang belajar yang suportif untuk secara bersama-sama mendorong masa pengembangan diri siswa ke arah yang positif. Coach Priska Sahanaya juga mengharapkan kegiatan workshop public speaking di SMP Hati Kudus dapat memantik keinginan para siswa-siswi untuk terus mempelajari dan mengasah kemampuan public speaking.

Pendaftaran

Mau sekolah Anda mendapatkan public speaking dari Coach Priska Sahanaya? Yuk daftarkan sekarang juga melalui nomor di bawah ini!

Coach Priska Sahanaya
081389608249

Nama penulis: Anggi Tresna Santika

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments