Pop Up Market Sebuah Budaya Betawi Bernuansa Modern

74
Pop up Market

mediahavefun.com – Jakarta (21/6), Ditahun 2019 ini Suku Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) Kota Administrasi Jakarta Selatan mengadakan kegiatan Pop Up Market yang diadakan serentak di sepuluh kecamatan selama tiga hari yaitu tanggal 21 sampai 23 Juni 2019. Kegiatan tersebut bertujuan sebagai wadah pemasaran bagi pedagang Anggota binaan Pengembangan Kewirausahaan Terpadu (PKT). Khusus kecamatan Cilandak mempunyai tema Festival Kampung Betawi yang dimana acara tersebut memperlihatkan Budaya Betawi baik dari segi makanan, seni, dan dekorasi.

Pop Up Market berlokasi di Lapangan Haji Jaya (Depan Masjid Baituhunur) Jl. Haji Jaya 1 RT 004/RW 002 Kelurahan Cilandak Barat Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan. Dekorasi yang sangat menarik disini adalah simbol gerbang penyambutan kedatangan tamu. Kedua sisi gerbang tersebut terdapat ondel-ondel dan bunga kelapa yang dibuat oleh Bapak Lukman Hakim.

Ondel-ondel laki-laki disimbolkan berani karena wajahnya berwarna merah, dan perempuan disimbolkan suci karena wajahnya berwarna putih. Tujuan ada ondel-ondel menurut tradisi betawi untuk menghalau kejahatan dan dipercantik dengan bunga kelapa.

Dekorasi gerbang penyambutan tamu dibuat dipercantik mungkin untuk menarik pengunjung. Dekorasi gerbang ini bahkan sebagai tempat Photobooth agar pengunjung dapat berswafoto terutama anak-anak dan kaum muda. Selain itu, simbol gerbang tersebut dijadikan sebagai tempat gunting pita peresmian pembukaan acara Pop Up Market dengan pertama kali oleh Camat Cilandak, Bapak Syamsu Idris dan didampingi oleh Kasudin KUKMP Kota Administrasi Jakarta Selatan, Ibu Shita Damayanti, M.Si.

Untuk Kuliner ala Betawi tidak kalah enak di acara ini, seperti Kerak Telor, Bir Pletok, Gulali, bubur ase dan lain-lain. Adapula karya seni khas Betawi yang unik, seperti Batik Betawi Tarogong. Acara inipun juga dimeriahkan dengan Tarian Kinang Kilaras dan penampilan Gambang Keromong yang bernuansa modern, pas banget buat yang penasaran dengan Budaya Betawi ini. Masih ada dua hari lagi untuk menikmati suasana Budaya Lokal Jakarta untuk melihat pertunjukan khas betawi lainnya!. Untuk kalian yang menyukai ataupun ingin tahu budaya ini berkembang kalian masih bisa datang dan berkunjung kesini.