Patung Jenderal Sudirman ada di Jepang

3630

Walaupun antara Indonesia dan Jepang mempunyai sejarah yang agak kelam, karena Jepang pernah menjajah Indonesia selama kurang lebih 3.5 tahun yaitu pada tahun 1942 s/d tahun 1945. Tapi sejarah kelam itu, kini digantikan dengan persahabatan antara dua negara ini. Persahabatan ini dimulai dengan hubungan diplomatik sejak ditandatanganinya perjanjian perdamaian pada tahun 1958. Hingga kini banyak budaya Jepang yang sudah masuk ke Indonesia, diantaranya Anime (Kartun), Manga (Komik), Musik, Game, dan beberapa kebudayaan lainnya. Bahkan di beberapa kota-kota besar di Indonesia setiap tahunnya rutin digelar event-event festival budaya Jepang. Hubungan baik ini, dibuktikan juga dengan adanya patung Jenderal Sudirman di Jepang. Dan itu merupakan satu-satunya patung Pahlawan/tokoh asing yang dipajang di Jepang, keren ya.

Lahir pada tanggal 24 Januari 1916 di Bodas Karangjati (sebuah desa di kecamatan Rembang Purbalingga, Jawa Tengah Indonesia), Jendral Besar Raden Soedirman (Jendral Sudirman) adalah seorang Perwira Tinggi Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia. Beliau adalah Panglima Besar Tentara Nasional Inonesia yang pertama, dan sangat dihormati. Jasanya dalam merebut dan mempertahankan Indonesia pada masa penjajahan diantaranya berhasil melucuti senjata Jepang dalam jumlah besar di daerah Banyumas tanpa pertumpahan darah, lalu Beliau juga berhasil mengusir pasukan sekutu dari Ambarawa. Saat terjadi Agresi Militer Belanda dua di Yogyakarta pada tahun 1948 Jendral Sudirman pun memimpin Perang Gerilya di sana. Jasa Beliau dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia sangatlah besar.

Patung Jendral Sudirman di Jepang ini berada di daerah Kementerian Pertahanan Jepang di Tokyo. Patung ini sudah ada sejak tahun 2011, dan merupakan hadiah dari Kementerian Pertahanan RI kepada Kementerian Pertahanan Jepang. Mengapa sampai dibuat patung Jendral Sudirman di Jepang? Itu merupakan hasil kerjasama antara kedua negara (Indonesia-Jepang) untuk mengenang dan menghormati jasa para Pahlawan. Saat Jepang menjajah Indonesia, Jepang membuat pasukan PETA (Pembela Tanah Air) untuk mempertahakan Indonesia dari ancaman negara lain. Dan Jendral Sudirman pernah bergabung didalam Pasukan PETA ini.

Kalau sedang berlibur ke Jepang boleh juga nih dikunjungi patung Pahlawan kita Jendral Sudirman.

(Foto: https://www.goodnewsfromindonesia.id)