Nostalgia Permainan diatas Papan atau Board Game

3366

mediahavefun.com – Banyak jaman sekarang jenis-jenis permainan yang beredar dikalangan masyarakat. Ada pula permainan yang sudah lama aslinya muncul kembali dengan kemasan elektronik salah satunya Board Game. Apakah kalian tahu apa aja permainan Board Game yang dimainkan generasi X dan Y atau Z juga sudah merasakan juga? Yuk kita rangkum pembahasannya seperti apa permainan pada masa saat itu?

Pengertian

Board game ini atau bisa kita bilang permainan diatas papan atau meja yang dimana mengadu ketangkasan dan strategi setiap melakukan permainannya. Permaianan ini dilakukan minimal 2 orang pemain. Setiap pemain jika melihat kesempatan pasti tidak akan kalah dengan pemain yang lain.

Permainan Apa yang Dimainkan?

Board Game banyak sekali permainan yang dimainkan mungkin kalian sudah mengenal permainan seperti berikut ini :

  • Catur,

Jika mendengar permainan board game ini pasti kalian sudah tahu cara mainkan ini, dengan masing-masing bidak digerakan dan memainkan. Selama permainan akan dikatakan kalah jika Raja telah kalah oleh lawan.

  • Monopoli,

Permainan ini kita mainkan dengan strategi seperti pemasaran yang dimana pemain harus melakukan monopoli daerah. Jika lawan masuk ke daerahnya kamu ambil kartu dan lakukan intruksi yang ada didalamnya jika tidak ya kamu harus membayar uang tebusan sesuai dengan pembangunan yang dilakukan oleh yang menguasai daerah tersebut. Dan permainan ini terkadang tidak ada habisnya, kecuali sang pemain bangkrut atas wilayahnya.

  • Ular Tangga,

Masih ingat salah satu permainan ini? permainan yang dimana ada ular dan tangga yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih ketika kocokan dadu jika mendapat tangga maka pemain akan naik, jika pemain ketika berjalan dalam permainan terkena ular maka akan turun. Pemenang untuk permainannya ini adalah pemain yang berada dikotak paling terakhir.

  • Jigsaw Puzzle,

Permainan menyusun gambar. Permainan ini merupakan potongan-potongan gambar sang pemain harus mengingat bentuk gambar dan stategi bagaimana agar cepat menyusun gambar tersebut. permainan ini terkadang bisa dibuat aturan tersendiri setiap bermain dan bisa dilakukan oleh banyak orang, mengacu kerja sama tim.

  • Congklak,

Kata siapa Indonesia tidak mempunyai permainan jenis Boardgame?. Congklak merupakan permainan tradisional di Indonesia. Jika tinggal di daerah yang banyak pasir kadang sang anak mengumpulkan pecahan kerang, kelerang ataupun biji2an kering buat di jadiin biji congklak dan membuat 16 buah lubang. Sekarang adapun papan congklak terbuat dari kayu dan plastik dengan biji congklak plastik.

Board Game

Pada awal permainan setiap lobang kecil diisi dengan tujuh buah biji. Dua orang pemain yang berhadapan, salah seorang yang memulai dapat memilih lobang yang akan diambil dan meletakkan satu ke lobang di sebelah kanannya dan seterusnya berlawanan arah jarum jam. Bila biji habis di lobang kecil yang berisi biji lainnya, ia dapat mengambil biji-biji tersebut dan melanjutkan mengisi, bila habis di lobang besar miliknya maka ia dapat melanjutkan dengan memilih lobang kecil di sisinya. Bila habis di lubang kecil di sisinya maka ia berhenti dan mengambil seluruh biji di sisi yang berhadapan. Tetapi bila berhenti di lobang kosong di sisi lawan maka ia berhenti dan tidak mendapatkan apa-apa.

Permainan dianggap selesai bila sudah tidak ada biji lagi yang dapat diambil (seluruh biji ada di lobang besar kedua pemain). Pemenangnya adalah yang mendapatkan biji terbanyak.

  • Go/Igo/Weiqi,

Permainan baduk catur yang berasal dari Tionkok. Permainan ini dimainkan oleh dua orang secara bergantian dengan dimuali dengan pemain yang menggunakan baduk hitam bergantian meletakkan batu pada titik pada papan. Ketika dalam permainan batu ini membentuk terhubung garis seperti rantai. Untuk permainan ini dilihat dari nilai point daerahnya terbanyak maka akan menang.

  • Shogi,

Permainan papan dari Jepang yang dimainkan oleh dua orang di atas papan 9 lajur dan 9 baris yang berwarna sama. Permainan ini diperkirakan berasal dari permainan India kuno yang disebut caturangga, dan termasuk dalam permainan papan berstrategi yang sekelompok dengan catur, janggi dari Korea, dan xiangqi dari Cina. Di seluruh dunia, shogi diperkirakan menempati urutan ketiga dalam jumlah pemain setelah catur dan xiangqi.

Untuk permainan ini mempunyai sistem memainkan kembali bidaknya lawan yang sudah ditangkap. walau bidaknya sudah naik pangkat. Bidak yang tertangkap akan kembali ke pangkatnya yang semula. Untuk pemenang dari Shogi serupa dengan catur biasanya, yaitu dengan mematikan raja lawan dengan posisi Skak mat.

  • Scrabble,

Permainan susun kata diatas papan yang dimainkan 2 sampai 4 pemain yang mengumpulkan nilai poin bedasarkan nilai kata yang dibentuk. Di papan tersebut terdapat 15 baris dan 15 kolom untuk poinnya sendiri masing-masing huruf terdapat nilai 1 sampai 10. Permainan ini sebelumnya bernama Lexiko dan berkembang menjadi Scrabble yang sekarang kita kenal.

  • UNO

Permainan ini hampir serupa dengan kartu remi, namun disini terdapat Draw 2, Reverse, Skip, Wild dan Wild Draw 4. Permainan ini dimainkan oleh bisa lebih dari dua orang, Jika kartunya habis dia yang sudah menang dan mengatakan UNO. Jika pemain tidak mengatakan UNO maka kemenangan akan tertunda dan mengambil kartu kembali.

  • Checkers / Dam

Permainan ini dimankan oleh dua orang. cara permainannya melangkah secara diagonal dan menagkap sang lawan dengan melangkahinya. Bermain Dam ini hanya dimainkan diposisi yang gelap aja, untuk papannya dibagi 8×8 kotak terdiri atas 32 kotak yang gelap saja. Tentu saja setiap permainan disini menuntut strategi dan akan kalah jika semua biji Dam tertangkap oleh lawan.

  • Backgammon

Sebuah permainan papan untuk dua pemain. Setiap pemain memiliki limabelas biji yang digerakkan di atas papan yang terdiri dari duapuluh empat segitiga menurut lemparan dua dadu. Tujuan permainan adalah menjadi pemain pertama yang menempatkan semua bijinya di luar papan permainan.

  • Ludo

Permainan ini dimainkan maksimal 4 pemain dan yang pastinya minimal 2 orang, menggunakan papan yang terdapat gambar dan biasanya berwarna-warni seperti hijau, merah, kuning dan biru. Cara permainan Ludo ini seperti berikut :

1. Setiap pemain akan mendapatkan kotak dengan warna yang sama juga.
2. Budak-budak itupun harus di jalankan oleh pemain agar mencapai home (rumah)
3. Pemain harus terlebih dahulu melemparkan dadu untuk bermain dan mendapatkan berapa langkah bidak yang harus mereka jalankan.
4. Kalau mendapatkan angka 6 di dalam dadu maka pemain boleh mengulanginya sampai 3 kali.
5. Pemain yang terlebih dahulu untuk sampai di home maka itu lah pemenangnya.

Tapi permainan ini jangan sampai menubruk lawan jika tertubruk maka akan kembali kekotak permulaan.

  • Halma

Halma atau kita bisa sebut chakers Cina dimainkan oleh semua umur. Permainan ini pada dasarnya ada kaitannya dengan AI (Artificial Intelligence) yang dapat mempengaruhi kecerdasan berpikir manusia. Permainan ini dimainkan oleh 2 atau 3 pemain dimainkan di papan datar persegi 256 (16×16). Kaitannya dalam arsitektur adalah halma ini bermain dalam sebuah ruang yang sudah ditentukan tata cara permainannya. Seperti sebuah jalur yang tercipta sendiri akibat dari tindakan bidak yang dipindahkan. Ruang-ruang ini seakan terbentuk secara sengaja ataupun tak sengaja (tergantung dari lawan) akan menang jika kita dapat menciptakan ruang gerak yang efektif sehinggga dapat cepat sampai ke “home” lawan.

  • Reverse (Othello),

Jika kita lihat sekilas gayanya mirip kayak Go ya?. Tapi ini sebenarnya beda loh, permainan Reverse ini mempunyai dua sisi beda warna hitam dan putih, dimainkan oleh dua orang saja. Permainan ini dimulai dengan 4 buah dengan 2 warna yang berbeda, sang lawan harus bermain strategi ketika membalikan miliknya jika warnanya sama semua maka itu pemenangnya.

Tradisional VS Modern

Boardgame sebenarnya sampai sekarang tetep asik untuk dimainkan dan banyak pengembang game dilakukan di android. Mungkin bagi era yang pernah memainkan permainan ini secara tradisional malah semakin erat hubungan antara keluarga dan teman, disamping permainan ini tidak memandang usia loh. Maka akan terasa beda jika kamu mainkan dengan android, yang dimana kamu malah terus menerus main tanpa adanya komunikasi langsung didalamnya.

Jadi boardgame luamayan banyak bukan dan mungkin ada beberapa lagi yang tidak tersebut di dalam artikel. Namun beberapa dari boardgame ini bisa kalian coba dan dapat melatih ransangan berfikir otak, karena strategi yang kalian gunakan untuk memainkannya. [yky]