BerandaFun InformasiMengenal Kombucha Ramunaga, Minuman Kaya Manfaat Super Sehat

Mengenal Kombucha Ramunaga, Minuman Kaya Manfaat Super Sehat

Mediahavefun.com – Di Indonesia, minuman teh kombucha belum banyak dikenal masyarakat secara luas. Perlu diketahui, kombucha adalah fermentasi teh yang punya banyak manfaat. Kombucha ini termasuk minuman sehat karena dapat membantu mengurangi depresi dan kecemasan, menjaga microbiome usus, mencegah GERD, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya kebiasaan minum kombucha memiliki manfaat untuk mengoptimalkan kinerja pencernaan, dari penyerapannya sampai pembuangannya. Rasanya yang masam dan dibuat dengan berbagai rasa seperti, buah, rempah, dan bunga.

Disinilah, Ramuraga hadir sebagai startup dibidang FnB mengenalkan salah satu produknya yakni minuman artisan kombucha sejak bulan Juli 2020 lalu. Menurut Ivy Londa, Founder sekaligus CEO dari Ramuraga pada saat itu dirinya yang baru selesai lulus menempuh pendidikan beasiswa S2 dibidang inovasi dan kewirausahaan di University of Warwick, Inggris, dirinya ingin bisa mengamalkan ilmu yang baru didapat serta membantu membuka lapangan pekerjaan buat perempuan lainya yang saat itu terdampak pandemi covid19 karena terkena PHK.

Ramuraga yang makna dari kata Ramu dan Raga. Ramu artinya meramu atau meracik. Dan, Raga sendiri artinya tubuh atau badan. Berharap dengan minum kombucha Ramuraga, bisa lebih mindful kepada kebutuhan tubuh kita sendiri. Sesuai dengan tagline Ramuraga, ‘Opening the dialogue between your sense, mind and body’.

“Kami meracik kombucha sendiri. Dengan olahan bahan dari teh olong, jamur SCOBY, ditambah dengan sari buah dan bunga alami. Dengan 7 varian rasa, yaitu Apple Strawberry, Lemon Thyme, Pomegranate Lemon, Orange Chamomile Vanilla, Lychee Eldelflower dan Cranberry Cinnamon,” kata Ivy.

Kombucha Ramuraga dikemas dalam botol dengan berbagai ukuran. Untuk produk reguler, terdiri dari ukuran 330ml dengan Rp35.000. Dan, ada juga ukuran 1L, dengan harganya Rp100.000. Lain dari pada itu, Ramuraga juga menyediakan beberapa ukuran botol, yang dikemas special edition seperti, Paket Get Well Soon, Paket Valentine, Paket Lebaran dan Natal. Yang semuanya bisa dipesan melalui marketplace Tokopedia dan Shopee.

Dikabarkan dalam waktu dekat Rambuga akan membuka store di daerah Menteng dengan konsep kombucha bar. “Tidak hanya kombucha saja yang akan kami jajakan, namun sejalan dengan misi kami untuk ikut andil dalam misi hidup berkesadaran terkait produksi dan konsumsi bertanggung jawab serta mendukung gerakan-gerakan sustainability dan healthy lifestyle, di kombucha bar tersebut kami juga akan mempunyai store sendiri untuk mendisplay produk-produk yang sesuai dengan misi kami sambil menikmati tempat yang asri di tengah kota,” ujarnya.

Ramuraga juga ingin mengcampaign untuk menerapkan prinsip-prinsip sirkular. Seperti, semua botol dapat ditukar kembali (circular business model), sampah organik kami dikelola oleh Magalarva (startup pengolah sampah organik) dan sampah yang tidak bisa dijadikan pupuk diolah oleh Duitin (startup pengepul sampah. “Kami juga memiliki pilihan untuk logistik ramah lingkungan menggunakan sepeda oleh Westbike Messenger (startup zero carbon logistik). Kami harap Ramuraga bisa jadi brand yang mempromosikan produksi dan konsumsi bertanggung jawab seperti yang dicita-citakan dalam Sustainable Development Goals No. 12.”

Mengingat banyaknya manfaat kombucha bagi kesehatan baik kesehatan fisik dan psikis, saat ini Ramuraga sedang melebarkan sayap dan menjangkau pasaran lebih luas, salah satu caranya yaitu bekerja sama dengan hotel, restoran dan cafe di daerah Jabodetabek dan saat ini kami juga ada di beberapa cafe daerah Semarang.

“Oh ya, kami juga punya acara berjejaring bulanan dengan rekan-rekan pelaku HORECA, namanya Pasarasa. Pasarasa adalah ruang bagi sesama pelaku usaha makanan minuman (seperti cafe restaurant owners) untuk saling bertukar cerita dan bersenang-senang sambil minum kombucha. Yang terdekat ini ada di tanggal 31 Mei 2023 di Lokaholik, Blok M.” tambahnya.

Ivy berharap kedepannya Ramuraga bisa lebih menjangkau masyarakat luas supaya lebih banyak lagi orang yang mengenal manfaat kombucha dan memahami lebih dalam soal hidup berkesadaraan. “Tentunya supaya usaha kami terus berkembang dan memberikan banyak kebermanfaatan melalui produk-produk dan misi yang Ramuraga bawa,” tungkasnya.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments