BerandaFun EdukasiMengatasi Perut Kembung Akibat dari Asam Lambung atau Gerd

Mengatasi Perut Kembung Akibat dari Asam Lambung atau Gerd

Masalah perut kembung awal mulanya bisa terjadi beberapa sebab termasuk asam lambung (Gerd). Mengetahui perut kembungnya berasal dari asam lambung merasakan gejala yang paling sering seperti mual, mulut terasa asam atau pait, perut kembung, terkadang penurunan berat badan tanpa direcanakan.

Mengetahui Awal Asam Lambung

Asam lambung bisa berbagai macam kebiasaan-kebiasaan buruk, Stress yang berlebihan ataupun efek samping obat tertentu. Untuk kebiasaan buruk terjadi dikarenakan

  1. Merokok
  2. Minuman bersoda, beralkohol, kopi
  3. Konsumsi makanan seperti coklat, makanan berlemak, roti, mie

Berasal dari metabolieme tubuh.

  1. Efek samping obat-obatan tertentu
  2. Infeksi bateri H. pylori
  3. Kelebihan berat badan atau obesitas
  4. Stress

Cara Mengatasi Perut Kembung

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasinya bisa dengan:

Mengonsumsi jahe: Jahe memiliki sifat antiradang yang secara alami dapat mengatasi heartburn. Selain itu, tanaman ini juga dapat mengatasi masalah pencernaan lain, seperti perut kembung dan mual. Anda bisa mengolah jahe menjadi minuman hangat.

Mengurangi konsumsi makanan berlemak: Makanan berlemak memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna dan akan berdiam lebih lama di lambung, sehingga meningkatkan produksi gas di lambung.

Mengonsumsi obat antasida: Obat ini cukup ampuh untuk mengatasi gas berlebih yang ada di dalam usus. Antasida juga dapat menghilangkan gejala asam lambung naik hingga sakit maag.

Mengatur Pola Makan

  1. Makan dengan porsi kecil: Cobalah untuk makan dengan porsi kecil namun sering, daripada makan dalam porsi besar dalam sekali waktu. Hal ini dapat membantu mengurangi tekanan pada lambung dan mencegah naiknya asam lambung.
  2. Hindari makanan pedas dan asam: Makanan pedas dan asam dapat meningkatkan produksi asam lambung dan memperburuk gejala perut kembung. Cobalah untuk menghindari makanan seperti cabai, bawang putih, cuka, dan jeruk.
  3. Hindari minuman berkafein dan beralkohol: Minuman berkafein dan beralkohol dapat merangsang produksi asam lambung dan memperburuk gejala perut kembung. Cobalah untuk mengurangi konsumsi minuman seperti kopi, teh, dan alkohol.
  4. Makan secara perlahan: Cobalah untuk makan secara perlahan dan kunyah makanan dengan baik sebelum menelan. Hal ini dapat membantu mengurangi jumlah udara yang tertelan saat makan, yang dapat menyebabkan perut kembung.

Namun, jika keluhan Anda tidak kunjung membaik dan mengganggu, saya sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam. Semoga bermanfaat!

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments