Mang DarKos, Sang Penyelamat para Cosplayer

420

mediahavefun.com – Apakah kalian terutama para cosplayer pernah mengalami kerusakan property waktu berjalan mengitaru venue suatu event? Atau bahkan property kostum rusak dikala akan atau setelah melakukan perform cosplay? Sekarang kalian tidak perlu risau lagi karena adanya “Mang Darkos” yang siap membantu kalian dikala sedang kesusahan. Siapakah itu “Mang Darkos”? Darkos atau singkatan dari “Darurat Koplay” adalah seorang relawan yang siap membantu kalian para cosplayer yang sedang mengalami kerusakan property dsb. Ingin tahu lebih lanjut mengenai sosok “Mang Darkos” ini? Mari kita simak wawancara singkat kita dengan beliau ini :

1. Mang, awal ceritanya gimana nih kok bisa sampai kepikiran buat melakukan hal seperti ini? Apakah terinspirasi dari seseorang atau berasal dari pengalaman pribadi?
– Saya suka baca website Kotaku, dan dulu pernah ada artikel soal cosplay repairman. Seusai baca itu rasanya kagum dengan efek positif yang mereka timbulkan, rasanya ingin bisa berpartisipasi memberikan manfaat untuk orang lain. Ini katalis awal menuju inisiatif yang saya lakukan.

2. Awal turun ke venue event cosplay untuk bantu” para cosplayer yang sedang kesusahan ini kapan?
– Saya baru banget turun di C3AFAID 2018 ini! Haha~

3. Mang darkos ini bergerak sendiri atau dengan komunitas?
– Sejauh ini saya bergerak sendiri, namun tidak bisa dinafikan dukungan dari teman-teman saya dengan masukan, panduan, pengingat, koneksi dsb yang membuat saya bisa mempersiapkan diri lebih baik untuk dapat turun ke lapangan. Tapi yang membuat saya yakin untuk bisa turun adalah karena adanya komunitas CAIR (Cosplayer Airsofter Impersonator Reenactor, https://www.facebook.com/ngobrolcair)

4. Kalau dengan komunitas mungkin bisa diperkenalkan komunitasnya apa
– CAIR adalah forum dimana teman-teman dari lintas fandom yang serupa bertemu dan membahas isu yang berjalan melintasi fandom. Dari hasil diskusi Juli lalu lah saya mendapat “dorongan terakhir” untuk percaya diri bisa berpartisipasi di fandom yang sebenarnya bukan “asal” saya, karena saya adalah bagian dari Reenactor semenjak sekira 2010 lalu dan bukan seorang cosplayer. Namun forum CAIR meyakinkan saya bahwa dukungan lintas fandom atau hobi harus digalakkan supaya kita semua dapat menjalani —-hobi dengan aman dan senang.

5. Persiapannya apa aja nih terkait barang bawaan & apa” aja yang mesti dibawa serta dilakukan sebelum turun ke venue event?
– Persiapan saya lebih ke peralatan dan bahan yang umum dipakai untuk melekatkan atau menyambung bahan. Ke depannya saya akan bawa bahan-bahan lebih spesifik yang ternyata dibutuhkan cosplayers, dari hasil evaluasi pribadi saya terhadap kebutuhan di lapangan.

6. Apakah perlu belajar suatu teknik terlebih dahulu sebelum turun ke venue untuk membantu para cosplayer yang sedang kesusahan?
– Sebenarnya tidak perlu belajar spesifik, tapi saya selalu mengikuti prinsip seorang penulis buku “mimiliteran”: kegiatannya boleh terhitung main-main, tapi persiapan kamu harus tetap serius. Saya belajar dari Youtube dan panduan perbaikan lainnya yang tersedia di internet.

7. Nah kalau seumpama kita jadi terinspirasi untuk mengikuti jejak mang darkos, apakah kita bisa meskipun berasal dari daerah yang berbeda”? Bagaimana caranya? Lalu apa aja nih persiapan yang mesti dilakukan?
– Bisa banget, tapi saya harus koreksi bahwa bukan “mengikuti jejak saya”, melainkan saya ingin banyak inisiatif dari akar rumput yang ikut bergerak membantu sesama rekan komunitas yang sedang kesulitan, sebagaimana inisiatif yang sudah ada di seluruh dunia. Untuk mempersiapkan diri, kalau meng-Google “cosplay repair” akan banyak sekali artikel terkait persiapan tim cosplay repair di lapangan. Ke depannya, bila memang banyak permintaan, Mang Darkos akan coba menulis artikel baik pribadi maupun terjemahan dari panduan yang ada.

8. Kalau di Indonesia belum ada komunitas yang menjadi payung dalam kegiatan ini, apakah mang darkos ingin membuatnya? Atau justru sudah ada kah komunitasnya?
– Komunitas spesifik perbaikan di Indonesia, saya belum menemukan. Itulah sebabnya saya bertanya sana-sini kepada teman yang lebih mengerti dunia cosplayer, karena justru kalau sudah ada, saya ingin berpartisipasi. Karena tidak menemukan, dan atas dorongan dari hasil pertemuan CAIR, saya memberanikan diri untuk turun ke lapangan.

9. Apa pesan, kesan dan harapan mang darkos kedepannya terkait dengan kegiatan repair cosplay beserta juga dengan event” cosplay yang semakin lama semakin menyebar di seluruh daerah” di Indonesia ini?
– Harapan saya, semoga ke depannya, berbagai inisiatif serupa ini (perbaikan cosplay secara darurat di event) akan muncul secara organik dari akar rumput dalam komunitas. Sebab seperti saya katakan sebelumnya, saya berangkat dari komunitas Reenactor, bukan Cosplayer. Apabila sudah bermunculan inisiatif dari komunitas Cosplayer itu sendiri, saya bisa “kembali” ke komunitas Reenactment dengan bekal pengalaman yang sudah ada sehingga lebih efektif sebagai sistem pendukung. Harapan lainnya, semoga di kemudian hari para penyelenggara event yang banyak mendatangkan cosplayer akan mengakomodir individu atau tim perbaikan cosplay dengan memberikan tempat “cosplay repair station” yang berisi alat-alat yang diperlukan untuk perbaikan kostum secara lebih serius. “Cosplay repair station” sudah sangat lumrah di konvensi budaya populer di seluruh dunia, sehingga akan sangat bagus apabila ada di Indonesia juga.

10. Mohon maaf sebelumnya kalau mungkin pertanyaannya sedikit agak bersifat pribadi, mang darkos mempersiapkan semua alat” tersebut itu dengan dana pribadi? Atau adakah sponsor yang mendukung kegiatan mang darkos ini? Baik sponsor secara individu maupun kelompok / komunitas?
– Sejauh ini Mang Darkos mempersiapkan semua peralatan dan bahan dari material yang sudah ada di rumah atau membeli dengan uang pribadi (tabungankuh, uwu :’3). Belum ada sponsor karena Mang Darkos bukan seorang teknisi profesional, melainkan inisiatif pribadi. Semoga ke depannya ada “cosplay repair station” dengan bahannya, sehingga tim perbaikan cosplay manapun ke depannya bisa lebih fokus membantu rekan-rekan yang kesulitan di lapangan.

11. Kalau kita kebetulan membutuhkan jasa mang darkos, bagaimanakah cara kita menemukan / menghubunginya? Atau bagaimanakah kita bisa tahu bahwa mang darkos bakalan datang / bahkan sudah ada di suatu event untuk membantu para cosplayer yang sedang mengalami kesusahan?
– Saat ini karena Mang Darkos baru satu orang, event yang diikuti adalah yang sebisanya saya ikuti. Akun Instagram (@darurat.cosplay), Facebook (http://fb.me/darurat.cosplay) dan Twitter (@daruratcosplay) akan selalu meng-update event mana yang saya akan ikuti.

Nah, bagaimana? Sudah kenal kan? Apabila masih penasaran dengan sepak terjang beliau bisa langsung saja stay tune di media social dari Mang Darkos. [ASK]