Lika Liku Tiktok Rewind 2020 Hadir Pertama Di Indonesia

452

mediahavefun.com – Banyak platform untuk para video konten kreator mengibarkan bakatnya. Di Indonesia platform yang cukup tren pada tahun 2020 yakni TikTok. TikTokers berinisiatif dalam pembuatan TikTok Rewind 2020.

Konsep konten menarik dihadirkan disini. Lagu-lagu yang cukup viral di tiktok masa 2020 sepertinya menjadi bagian kemasan dan disusun rapih. Bukan hanya disisi lagu saja, adapun challange yang cukup booming seperti brush challange; koloborasi TikTokers melakukan transformasi makeup sebelum dan sesudah yang kemudian brush makeup dilempar ke Tiktokers lainnya melakukan hal yang sama.

TikTok Indonesia juga viral Salam Taraktakdung 2020 yang dibuat oleh seorang siswi baru SMA di akun TikTok @fungsibulann. “Nama saya Almira dari gugus sembilan. Taraktakdung duaribuduapuluh taraktakdung … taraktakdung … taraktak … taktakdung. Parunteun akang teteh,” ucap Almira dalam rekaman video TikTok berdurasi 15 detik itu.

Video TikTok Rewind 2020 pada kredit cukup banyak yang berpartisipasi. Kalian penasaran likaliku prosesnya TikTok Rewind ini? wawancara secara eksklusif tim Mediahavefun secara darling Igleon Gunawan (TikTok : @igleon_ )

Apa yang melatar belakangi dibuatnya Tiktok Rewind?

  • Tahun 2020 merupakan tahun dimana kita mengalami banyak sekali kepedihan. Banyak sekali kejadian yang terjadi begitu saja tanpa kita duga-duga , siapa sangka di Tahun ini kita menghadapi pandemi COVID 19 yang akan merubah semua tatanan kehidupan kita. Banyak sekali orang-orang terutama masyarakat Indonesia yang terkena dampak dari COVID 19.
  • Meskipun keadaan pandemi sekarang ini kita seperti dipenjara di rumah masing masing (Work From Home), tapi harapan kita Para Creator seakan tidak bisa padam, kita melakukan banyak hal untuk membantu semampu kita untuk menyembuhkan Indonesia (contoh: Tiktok Campaign Tiktok VS covid), konten kita yang menghibur para murid yang sedang sedih, karya kita yang menginsipirasi banyak orang, konten edukasi kita yang membuat orang lain bisa tetap belajar, dan konten-konten lainnya yang membuat orang-orang tetap mau berjalan untuk terus maju dengan segala halangan di masa ini.
  • Lewat video kolaborasi terbesar ini, Tiktok Rewind 2020, kita, Para Creator, ingin mengajak para penonton dan masyarakat Indonesia untuk Face their new destiny. Mereka harus segera melepaskan segala kepahitan mereka di tahun ini, untuk menghadapi tahun yang baru nanti. Setiap orang memiliki pribadi yang unik dan mereka akan memiliki destiny baru mereka masing-masing di masa esok. Tidak ada yang tahu, destiny apa yang akan mereka dapatkan nantinya.
  • Kenapa bisa berfikir memakai tema yang dipakai sekarang?
  • Tema “A New Destiny” aku pakai supaya orang-orang tersadar bahwa yang harus mereka lakukan adalah move on dari kehidupan lama mereka. Terutama di masa ini, kepahitan COVID19 pasti dirasakan oleh semua orang. Percaya tidak percaya, pandemi COVID 19 yang sudah tersebar tak akan pernah bisa dibasmi total, sama layaknya kita. Harapan kita tidak akan pernah hilang total. Meskipun banyak orang yang mulai frustrasi dan putus asa dengan keadaan sekarang, tapi kita Para Creator membuktikan bahwa harapan kita terhadap Negara ini tidak akan pernah musnah.
  • Dan semua itu kita lakukan melalui aplikasi Tiktok. Nah, tapi  yang menjadi pertanyaannya, apakah kita semua, para creator di sini, pernah membayangkan bagaimana kita bisa berada titik sekarang? Mungkin banyak dari creator tiktok yang dulunya memang sudah punya nama, namun sebagian besar dari kita, kita hanyalah orang yang hanya iseng membuat karya di aplikasi dan tanpa sepengetahuan kita, passion kita mengantar kita untuk sampai ke titik ini.
  • Setiap Creator bisa ada di sini karena kita semua memiliki passion yang berbeda-beda, peran yang berbeda-beda, latar belakang yang berbeda-beda, ada yang suka ngedit, ada yang suka fashion, masak, sports, comedy, art, nyanyi, nari, game, edukasi, motivator, dan lain-lain.
  • Namun kita semua bisa berada di sini karena 1 hal yang sama, yaitu karena we are the choosen one. Kitalah yang  telah dipilih untuk menjalani sebuah Destiny baru. Nggak ada diantara kita yang memiliki clue di hari pertama kita mulai berkarya, di masa kita masih seorang creator kecil, berkat aplikasi dan passion kita masing-masing kita bisa sampai di titik ini dan mendapat destiny baru kita sebagai panutan yang menginspirasi para penonton kita.
  • Destiny itulah yang akan menyatukan kita, Para Creator, Para warga Indonesia, Para pemerintah untuk menjadikan Indonesia menjadi tempat jauh lebih baik dari saat ini. Tidak ada satupun orang yang akan menyangka Indonesia bisa menjadi negara yang maju kedepannya, sama seperti kita para Creator yang juga tidak menyangka kita semua bisa menjadi seperti sekarang ini.
  • “Keberanian menghadapi Destiny akan mengantar kita ke Destination akhir kita”.
  • Sebuah dunia baru sedang menanti kita di depan sana, sekarang keputusan ada di tangan kita. Apakah kita mau menjalani destiny baru kita, ataukah kita akan masih terjebak di masa lalu 2020 yang kelam ini.
  • Apa kesulitan atau kendala dalam proses pembuatan video?
  • Tim Produksi tidak pernah kenal satu sama lain pada awal dimulainya project ini. Sampai sekarang pun kami tidak pernah bertemu secara langsung selain berbicara via online. Sehingga sungguh chemistry yang kuat dalam tim yang membuat project ini menjadi mungkin.
  • Tim Produksi men-direct online para TikTokers dan kami memiliki banyak sekali kesusahan dalam menjelaskan scene, sehingga mau tidak mau kita harus membuat contoh video untuk semua TikTokers supaya mereka paham bagian mereka.
  • Equipment rekaman para TikTokers yang berbeda-beda membuat Tim Produksi berpikir ekstra untuk mengakali agar kualitas video yang ditampilkan bisa tetap memuaskan.
  • Karena kondisi corona sehingga Tim Produksi harus tetap mengontrol para TikTokers dan mengingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Dan karena kondisi ini, banyak tiktokers yang harus mengirim video sendiri (seperti greenscreen) dan Tim Produksi harus bekerja ekstra dalam menggabungkan video mereka menjadi satu.
  • Kurangnya inisiatif murni dari para TikTokers Indonesia yang masih belum mengetahui apa itu “TikTok Rewind” sehingga dari para Tim harus mengajak dengan lebih ekstra karena ini ada TikTok Rewind pertama di dunia yang akan menjadi patokan untuk tahun-tahun berikutnya.
  • Tim TikTok Rewind 2020 adalah pelopor pertama TikTok Rewind di dunia. Tidak ada yang pernah membuat di tahun-tahun sebelumnya, sehingga Tim harus mengonsep dari awal sekali bagaimana cara membungkus para TikTokers kedalam satu project besar tanpa menghilangkan unsur-unsur TikTok di dalamnya.
  • Beberapa TikTokers yang relatif memiliki nama besar, sangatlah susah untuk dihubungi dan diajak, karena mereka mengira bahwa TikTok Rewind merupakan project dari pihak TikTok Official (Dianggap sebagai endorsement/campaign), padahal project ini murni inisiatif dari Tim dan para TikTokers dalam pembuatannya, tanpa campur tangan pihak TikTok Offical.
  • Waktu pengerjaan yang hanya 1 bulan, sehingga mau tidak mau Tim harus setiap hari bekerja nonstop untuk menuntaskan project ini agar TikTok Rewind bisa tetap memuaskan. Tim harus begadang tiap malam untuk berdiskusi dan follow up para TikTokers dan mengejar timeline editing (funfact: editing selesai para Hari-H 30 menit sebelum jam tayang).
  • Dikarenakan kita mau memberikan feel yang sama seperti menonton di aplikasi TikTok meskipun diupload ke YouTube, sehingga TikTok Rewind 2020 menjadi Rewind Pertama yang mengadopsi orientasi Portrait yang belum pernah ada di Rewind manapun.

Apa yang menjadi keputusan kalian tiktok rewind ini dipublish ke platform youtube?

Pertama, kalau kita upload TikTok Rewind di aplikasi TikTok dengan durasi yang panjang, maka akan ada banyak part (+- 4 part), sehingga itu akan menyulitkan penonton untuk mendapatkan feel Rewind yang sebenarnya.

Kedua, sangat mustahil kita mengontak TikTok Official untuk memberikan hak istimewa untuk mengupload satu video TikTok dengan durasi lebih dari 3 menit, karena headquarter TikTok yang ada di Indonesia haruslah berkoordinasi dengan pusat untuk memberikan hak itu, belum juga pembaharuan sistem dalam TikTok.

Ketiga, TikTok Rewind bukan hanya terpusatkan pada aplikasi “TikTok” melainkan komunitas yang ada di dalam TikTok. Kita tidak mungkin membuat TikTok Rewind demi aplikasi TikTok yang bahkan tidak meminta maupun membayar kita. Kita membuat TikTok Rewind demi komunitas TikTokers yang sudah menghiasi kehidupan pandemi ini. Sehingga bukan menjadi masalah, TikTok Rewind mau diunggah dimana saja, karena yang esensi terpenting adalah komunitas yang ada dalam TikTok bukan aplikasinya.

Terakhir, Kita mau menjangkau lebih banyak orang yang tidak tahu bagaimana kondisi TikTok Rewind. Dengan kita mengunggah TikTok Rewind di YouTube, maka orang-orang yang memiliki pemahaman bahwa TikTokers itu alay semua, menjadi tersadar bahwa komunitas yang ada TikTok banyak yang bertalenta dan bisa memberikan dampak positif bagi para penikmatnya.

[YKY]