Osoji Club Komunitas Menjaga Kerbersihan Ennichisai 2019

109

Mediahavefun.com,Jakarta. Osoji Club adalah sebuah komunitas kebersihan lingkungan yang telah berdiri sejak tahun 2012, dimana berawal dari sebuah artikel dalam harian surat kabar milik Japan pada 7 April 2012 yang berjudul “Flame Tree”. Para warga negara Japan yang tinggal di Jakarta memiliki sebuah ide dan satu pemikiran dengna Mr. Tsuyoshi Ashida mengajak teman – teman yang berasal dari Japan untuk peduli terhadap sampah dengan cara melakukan kegiataan memetik sampah. Aktivitas petik sampah ini pertama dilaksanakan bersamaan warga negara Japan pada 29 April 2012 disekitar Ring Road Gelora Bung Karno Senayan.

Osoji Club telah mengikuti berbagai macam kegiatan petik sampah ini telah dilaksanakan  mereka telah bekerjasama berbagai pihak instansi negeri maupun swasta dengan visi dan misi menyadarkan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, mewujudkan Ibukota Jakarta menjadi kota yang bersih, rapih dan nyaman, dan mengajak seluruh lapisan kalangan untuk menciptakan lingkungan yang bersih.

Komunitas ini makin terkenal ke masyarakat luas dari acara kegiataan festival Japan, selain itu juga dibukanya pelatihan edukasi dikalangan masyarakat umum disetiap acara yang membuat komunitas ini disegani dari berbagai pihak atas kinerja mereka dalam menyadarkan buang sampah pada tempatnya dan menciptakan kebersihan lingkungan setiap event acara.

Seperti contohnya kegiataan Event Festival Japan Ennichisai 2019 yang ke 10 [06/29] dikawasan Blok M Square “Little Tokyo” yang bertemakan “Danketsu” atau “Unity” yang berate persatuan , Osoji club diundang sebagai bagian dari acara Ennichisai 2019 untuk menyukseskan acara Ennichisai 2019 yang ke 10. Osoji Club hanya bertugas  dibidang kebersihan disekitar wilayah Event Ennichisai 2019. Osoji club tidak hanya bergerak sendiri dalam menjaga kebersihan lingkungan melainkan dibantu oleh tim Minori, Fukusuke Kogyo Indonesia dan dinas kebersihan tim orange yang total volunteer mencapai kurang lebih 100 orang lebih sedikit dari tahun lalu.

Kegiataan event festival Japan Ennichisai 2019 tim Osoji menjadi beberapa kelompok dari pengelola kebersihan, dengan system kerja 1 jam menjaga kebershian 1 jam beristirahat atau menikmati event acara Ennichisai 2019. Tim Osoji telah menyiapkan beberapa titik tempat sampah terutama diwilayah stand makan agak banyak dikarenakan banyaknya ditemukan sampah sisa – sisa makan pengunjung. Wilayah yang dikelola oleh tim kebersihan diantaranya wilayah Main Stage terbagi menjadi 5 area, area A  depan wilayah Blok M Square sampai area air mancur, area B ditengah disekitar stand makan kuliner Japan, area C di Gloden Boutic sampai Main Stage, area D diair mancur hingga Golden Boutique hotel dan area E dari Mikosi hingga Main Stage. Lalu di daerah Pop Stage dan Chika Area.

Yang menarik ditahun ini ialah diikut sertakan para cosplayer memetik sampah mereka bergerak berfokuskan di area Chika Stage karena disana berpusatnya para cosplayer berkumpul dan berfoto para pengujung [AFZ]