Kompetisi Robot : RoboMasters

640
Robomaster

mediahavefun.com – Dua bulan lalu (30 Oktober 2017), Dandelion Animation Studio dengan mengeluarkan Robomasters The Animated Series. Anime ini berdasarkan kompetisi RoboMasters DJI yang merupakan kompetisi robotika Mahasiswa terbesar di dunia. Cerita ini berawal dari Fang Dan Dan Mahasiswa semester satu, Sheng Gang University of Science & Technology (SGUST) yang memperbaharui drone “KAKA”. Suatu hari ketika Fang Dan Dan menguji KAKA dengan melempar frisbee, angin laut bertiup sehingga frisbeepun menabrak Ruohan Xiao. Dari kecelakaan inilah, Fang Dan Dan bertemu Zhun Zheng, Yiqi Meng dkk dan bersama-sama ikut kompetisi melawan klub resmi Robomaster SGUST yang diketuai oleh Yunteng Li.

RoboMaster adalah kompetisi robotika yang dirancang oleh Mahasiswa Universitas untuk saling diadu berdasarkan teknik pertempuran, startegis dan kerjasama tim. Event utama mengharuskan para tim untuk membangun dan mengoperasikan enam robot yang menembakkan peluru pada lawan untuk mengurangi Hit Point. Tujuan yang akan dicapai adalah Robot dapat mencapai base station lawan. Robomaster juga meliputi tantangan Teknik secara terpisah, dimana tim mengembangkan robot AI untuk menyelesaikan tugas secara independen.

Aturan Permainan

Enam Robot yang diikutsertakan dalam kompetisi antara lain Sentry, Hero Robot, Infantry, Drone, Engineering Robot, Dan Base Robot. Sentry dan Infantry adalah robot penyerang, Drone digunakan untuk memberitahukan posisi lawan dan juga sebagai penyerang dari udara, Engineering Robot sebagai robot pendukung misalkan membangun jembatan agar Hero Robot dapat melewati untuk pengisian peluru, Base Robot sebagai benteng pertahanan dan sebagai penentuan kemenangan tim, dan Hero Robot mempunyai serangan yang kuat dan robot ini mempunyai peran penting karena menggunakan 17mm lebih besar dari robot penyerang yaitu 40mm.

Real Lomba Robomaster
Kompetisi Robot

Pemain mengendalikan robot di ruangan tertutup dan mengandalkan Computer Vision seperti memainkan game FPS dengan pandangan orang pertama. Kompetisi robotika dilakukan selama 5 hari dengan partisipan 200 universitas sekitar wilayah cina di stadium raksasa Shenzhen. Pada bulan Agustus 2018 kompetisi ini 32 tim dari seluruh dunia akan merebutkan kejuaran di stadium tersebut.

Kompetisi update-nya bisa dilihat di link ini : https://www.robomaster.com/zh-CN