BerandaFun EventKejuaraan Pencak Silat Bharaduta Championship 4

Kejuaraan Pencak Silat Bharaduta Championship 4

Mediahavefun.com – Pencak silat adalah seni bela diri tradisional yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, terutama Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Sejarahnya yang kaya dan beragam serta gaya dan aliran yang berbeda menjadikan Pencak Silat mencakup aspek gerakan bertarung, kekuatan fisik, kelincahan, teknik pukulan, tendangan, lemparan, kuncian, dan penggunaan senjata tradisional.

Pencak Silat tidak hanya dianggap sebagai seni bela diri, tetapi juga sebagai warisan budaya dan tradisi masyarakat di wilayah tersebut. Selain sebagai sistem pertahanan diri, Pencak Silat juga dipraktikkan dalam konteks olahraga, pertunjukan seni, dan sebagai warisan budaya.

Oleh karena itu, Bharaduta D’Pandiga Nusantara, yang peduli akan budaya bangsa, akan menyelenggarakan “Kejuaraan Pencak Silat Bharaduta Championship 4” Kemenpora Cup tahun 2023 dengan tema “Be Brave, Be the Champion!”

Tujuan dari kejuaraan ini adalah:

  1. Menggali dan melestarikan kekayaan Pencak Silat dengan aspek kebudayaan.
  2. Menjalin silaturahmi antara pesilat dan pelatih di kalangan pelajar.
  3. Menciptakan dan membina generasi pesilat yang sportif, mandiri, dan profesional.
  4. Menjadikan event Pencak Silat yang profesional dan menghibur.
  5. Mengembangkan kebudayaan asli Indonesia.
  6. Mencetak bibit-bibit prestasi di kalangan Pencak Silat.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, mulai dari tanggal 3 hingga 5 Juli 2023, di Gor Depok, Jalan Boulevard Grand Depok City, Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.

Dengan target peserta yang diharapkan adalah anggota perwakilan perguruan, sekolah, atau klub pencak silat dengan kategori usia dini (5-11 tahun), pra remaja (11-13 tahun), junior (14-17 tahun), dan senior (17 tahun hingga maksimal 45 tahun).

Pertandingan ini menggunakan peraturan baru yang diperkenalkan pada tahun 2022. Peraturan ini masih memerlukan penyesuaian dalam pelaksanaannya, sehingga para pelatih dan juri belajar bersama-sama untuk mengimplementasikan peraturan baru tersebut.

Biaya Pertandingan

Kegiatan pertandingan dibagi menjadi 2 kategori, yaitu kategori seni dan kategori tanding. Biaya pendaftaran mengeluarkan sebesar 300 ribu rupiah per kategori. Pada kategori ganda seni yang dikenakan biaya 450 ribu rupiah. Serta untuk kategori regu seni yang dikenakan biaya 600 ribu rupiah.

Para pemenang akan menerima hadiah berupa sertifikat dan medali. Menpora RI akan menerima piala tetap, peralatan latihan, dan uang pembinaan sebesar 5 juta rupiah. Juara umum akan menerima uang pembinaan sebesar 3 juta rupiah untuk juara pertama, 2 juta rupiah untuk juara kedua, dan 1 juta rupiah untuk juara ketiga. Pada terakhir, pesilat terbaik akan mendapatkan trophy dan uang pembinaan.

Kegiataan ini telah mendapatkan izin dari kementerian pemuda dan olahraga Republik Indonesia Menpora RI dan pengurus besar ikatan pencak silat indonesia ( PB IPSI ).

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments