Jangan Terkejut Ketika Berlibur di Penang Malaysia

150

 

Mediahavefun.com – Malaysia. Pasti bagi yang suka jalan-jalan antar pulau ataupun negara pasti merasakan perbedaan keadaan yang dialami. Perbedaan kultur dan Agama kadang menjadi sorotan besar dan ini bisa jadi Tips kalian ketika berkunjung di Pulau Penang Malaysia. Namun kalian jangan terkejut ketika mengunjungi ataupun berlibur di Penang Malaysia ini.

Ketika berada di Negara orang jangan lupa persiapan paket data dan pass roaming pada providermu. Opsi lainnya beli simcard yang ada disana untuk membantu kalian untuk mengakses Internet.

Jangan Terkejut Ketika Berlibur di Pulau Penang Malaysia

Para pelancong tiba berada di Bandara Internasional Penang tidak luput dari pemeriksaan Imigrasi dan Bea Cukai disana. Jangan bingung ketika disini yang pasti jangan menjelaskan panjang lebar kalian tujuan apa kesana karena kadang mereka tidak paham, Jika kalian tujuannya adalah bekerja jangan lupa tunjukan dokumen bekerja tambahan dan telepon penanggung jawab yang ada di Malaysia. Jika kalian berlibur cukup kata “vacation” jika mereka tidak paham sebut bahasa Indonesia aja “berlibur” dan jangan lupa tunjukan bukti tiket pulang.

Perlu diperhatikan disini, pulau penang Malaysia Islam merupakan minoritas jadi untuk muslim jangan terkejut jika kalian mencari masjid itu sulit dibanding dengan Pulau utama Malaysia.

Makanan Halal

Makanan halal pulau penang cukup sulit jangan samakan makanan disini dengan yang ada di Indonesia. Porsinya dan harganya pun tidak sama dengan yang ada di Indonesia, namun itu menjadi kisah tersendiri ketika kalian mencari makanan di Penang.

  • Bayan Lepas : Jika kalian penginapan didaerah Setia Space opsi yang kalian bisa ambil yaitu Texas, KFC, dan MCD(Daerah Sekitar Jalan Tur Dr Awan dan Jalan Sultan Azlan). Namun jangan harap bertemu dengan nasi ya seperti layaknya Indonesia. Namun harga yang disuguhkan mulai sekitar dari 11 RM sampai 30 RM namun untuk minuman free reffil. Untuk makanan ala Timur tengah Modern bisa kalian temukan Dandy Modern Food, di restoran ini  mereka mempunyai sertifikat halal MUI Malaysia. Di lokasi Jaalan Lorong Mahsuri kalian masih bisa menemukan pasar tradisional yg di Indonesia layaknya pasar Modern.

  • Queensbay : Mall ini bekerjasama dengan AEON. Jadi kalian masih menemukan supermarket AEON. Namun untuk makanan kalian bisa keliling di lantai bawah, persisnya LG ingat disini juga non halal juga ada.
  • George Town : Nah kota ini lebih sulit lagi dibanding tempat lainnya untuk aman kalian makan hanya bisa kalian kunjungi di daerah Komtar. untuk di George Town sendiri jangan terkejut dengan banyaknya tutupnya toko. untuk menu halal carilah masjid terdapat nasi Kandar.

Untuk seluruh tagihan yang berbentuk restoran mungkin awal kalian heran sama pajak di Malaysia. Malaysia hanya dikenakan pajak atas Bea restoran 6% jadi kalian bisa hitung besarnya makanan kalian.

Pemilihan Penginapan

Disini opsi penginapan ditangan kalian untuk yang menyukai homestay kalian bisa membuka aplikasi AirBnB disini komunikasi langsung dengan pemilik rumah dan jangan lupa bertanyalah menggunakan bahasa Inggris. Untuk hotel kalian bisa menggunakan Traveloka atau juga pegipegi. Untuk penginapan jangan hanya melihat berdasarkan komentar yang ada di aplikasi namun kalian cobalah melihat diluar aplikasi apakah pengunjung ada keluhan atau tidak.

Transportasi

Transportasi disini bisa menggunakan Grabcar ataupun naik transportasi umum di Malaysia. Namun jika ingin murah gunakan transportasi malaysia. untuk harhanya sendiri sesuai dengan jarak kalian tempuh untuk jarak terdekat hanya 1.4 RM dan terjauh 2.8 RM. Jangan terkejut ketika berlibur dengan transportasi mereka tidak memberikan kembalian ya. Karena yang menaikan bis harus menyebutkan daerah kalian berhenti dan supir akan memberitahukan harga. Untuk uangnya akan dimasukan ke kotak yang disediakan disana.

Untuk lokasi halte mereka tidak sembarangan untuk kalian tahu persis lokasi halte dan jurusannya bisa dilihat pada aplikasi moveit dan googlemap. untuk googlemap jika paket data mati untuk mencari pentunjuk masih bisa dimanfaatkan lokasi keberadaan kamu.

Belanja dan Wisata

Untuk kalian para turis kalian jangan lupa bawa map dari Bandara Internasional Penang. Untuk oleh2 berupa makanan antara lokasi asli dengan Bandara tidak jauh beda kecuali kalian ingin membawa oleh2 dalam Jumlah besar. Kalian bisa mengunjungi daerah Campbell Street memang terlihat sepi namun disinilah lokasi paling murah. Bisa membeli cendramata berupa Batik ciri khas Penang, cindreamata kecil. Karena jika kalian pergi ke daerah George Town persisnya daerah Lebuh Pantai harga lebih mahal 2 RM dan ramai dikunjungi wisatawan.

Ciri khas Pulau penang terletak pada museum coklat dan Kopi yang memproduksi Kopi dan Coklat di Penang. Produk Coklat disini asalnya coklat Beryl’s (untuk Coklat diproduksi keluar negri lokasi pabrik di Malaysia), untuk produk lokalnya bernama Shabat (Lokasi Pabrik di Penang). Kalian yang pencinta Kopi pun mereka juga banyak pilihan. Disini kalian bisa mencicipi hampir semua produk buatan mereka.

Wisatanya sendiri jika kalian menyukai wisata alam opsi kalian bisa kunjungi daerah Balik Pulau. Untuk wisata seni, history di Penang kalian bisa kunjungi daerah George Town [YKY].