Jakarta Osoji Club Pasukan Kebersihan Ennichisai 2018

56

Mediahavefun.com – Jakarta. Festival Ennichisai kembali digelar yang ke 9 pada tahun 2018, kegiataan ini dilaksanakan dikawasan ‘Little Tokyo’ dekat dengan kawasan Blok M Square, Jakarta Selatan, Indonesia.

Kegiataan yang diselenggarakan selama 2 hari ini, dimulai dari tanggal 30 Juni hingga 1 Juli 2018 berrsifat internasional demi mempererat hubungan antara Indonesia dan Japan, banyak melibatkan berbagai komunitas demi mensukseskan acara tersebut.

Dibalik kesuksesaan  acara Ennichisai yang ke 9 yang mengambil tema ‘Jonetsu’ ( Bahasa Japan ) yang diartikan dalam  bahasa Inggris sebagai ‘Passion’  para komunitas membuka volunteer seperti halnya komunitas yang berfokus menjaga kebersihan di wilayah Ennichisai tersebut seperti Osoji Club Jakarta dengan semangat GOMIZERO ( Nol Sampah ) dan bertujuan memberikan contoh untuk menumbuhkan kesadaran para pengujung Ennichisai ke 9 pada tahun 2018 ini.  Tentang kebersihan seperti :

  • Mengarahkan pengujung agar buang sampah pada tempatnya
  • Mengedukasi para pengujung Ennichisai ke 9 tentang kebersihan

Dalam kegiatan ini juga mengusung slogan ‘Sampahmu Tanggung Jawabmu’ yang berarti setiap pengujung bisa menjaga kebersihannya masing –masing dan tanggungjawab dengan sampahnya masing – masing.

Komunitas Osoji Club Jakarta tidak sendiri dalam melakukan menjaga kebersihan selama kegiataan Matsuri Ennichisai ke 9 ini, mereka juga mengajak Tim Minori, Tim Fukusuke Kogyo Indonesia dan PT Oriental Asahi JP Carton Box untuk bekerjasama.

Komunitas kebersihan ini mendapatkan booth didepan toko mas ( tepatnya samping booth eat truck ) pas pintu masuk dari jalan melawai, kegitaan yang volunteer menjaga kebersihan ini berjumlah:

Osoji Club Jakarta : 25 Anggota

Tim Minori : 25 Anggota

Tim Fukusuke Kogyo Indonesia : 75 Anggota

Dengan jumlah yang banyak ini, maka kegiataan petik sampah dan menjaga kebersihan ini dibagi menjadi 2, dihari pertama komunitas Osoji Club Jakarta dan Tim Minori yang bekerja, dan dihari kedua dari Tim Fukusuke Kogyo Indonesia yang bekerja.

Selain dari mereka, ada juga pasukan orange yang membantu membersihkan, mereka bekerja sebagai pembantu kebersihan tahap akhir, mengecek semua area ‘Litte Tokyo’ dikawasan Blok M Square tetap bersih setelah acara festival Ennchisai ke 9 pada tahun 2018 ini [AFZ].