Idol Of The Month – Cindy Yuvia JKT48

949

mediahavefun.com – Bulan lalu editor Idol Of The Month kali ini salah satu idol yang masuk dalam katagori “loli”, siapakah dia?. Perempuan kelahiran Jakarta yang masih dikatagorikan “loli legal” meskipun sudah berumur kepala dua. Cindy Yuvia atau lebih akrab dipanggil Yupi lahir tanggal 14 Januari 1998 merupakan member dari idol grup JKT48. Mempunyai paras layaknya anak kecil dan dengan tinggi 152 di umurnya ke lima belas tahun dengan salah satu ciri khasnya yakni “poni goyang”. Mempunyai banyak nama panggilan selain Yupi diantaranya Cindy (panggilan awal debut), Cinvia, Yuvia, Anak Dino, Anak Gajah.

Yupi dipanggil dengan sebutan anak gajah. Karena dia selalu mengenakan seifuku gajah di salah satu setlist Seinshun Girls unit song Kebun Binatang Saat Hujan. Yupi bukanlah anak tunggal, melainkan dia memiliki satu adik perempuan bernama Windy Noviana Yuvia dan satu kakak perempuannya yang diketahui sudah wafat.

Artis ini sangat suka dengan barang-barang berwarna merah jambu (pink) dan dia orangnya lebih senang tersenyum (tapi gampang nangis juga). Yupi suka sekali membaca, terutama membaca komik juga suka berenang, ice skating dan seluncuran es. Sewaktu Yupi kecil dia bercita-cita ingin menjadi dokter dan pramugari, tetapi dia bersekolah di salah satu smk di Jakarta mengambil jurusan akuntansi dan melanjutkan kuliah manajemen bisnis. Berteman dekat dengan Ratu Vienny Fitrilya Vienny) dan Nadila Cindi Wantari (Nad) yang merupakan member generasi kedua dan pernah satu team juga di kenkyuusei dan K3.

Yupi bersama (mamah) Vienny

Perjalanan Karir

Awal karir Yupi dimulai pada diterimanya menjadi member generasi kedua JKT48 pada bulan November 2012. Dengan Jikoshoukainya (perkenalan) “Aku si mungil yang limited edition dan selalu tersenyum. Aku Cindy Yuvia, panggil aku Yupi”. Karir Yupi di dunia idol sangatlah didukung orangtuanya terutama sang ibu yang juga menyukai JKT48 dari awal. Debut awal pada tim Kenkyuusei (Trainee). Yupi kerap kali gemetar saat tampil di depan banyak orang dan biasanya di backstage sebelum tampil Yupi punya kebiasaan menggoyangkan poninya di depan kaca makanya juga sering dipanggil fans “si poni goyang”.

Biasanya para fans Cindy Yuvia menyebut dirinya CindviaDealoved. Nama tersebut yang berarti Cindvia yang dicintai yang merupakan fanbase yang dibuat langsung oleh Yupi sendiri. Yupi mengawali karir idolnya pada saat masih di tim trainee selama tujuh bulan sebelum doi resmi masuk ke dalam team K3 bersama teman angkatan generasi dua lainnya. Secara resmi Yupi berpindah team dari trainee menjadi K3 pada tanggal 25 Juni 2013 dan dimulailah karir doi yang semakin mentereng. Ada satu fakta menarik doi pada karir idolnya di tim K3, doi selalu terpilih sebagai member yang turut serta dalam pembuatan single dan album JKT48 mulai dari single “Yuuhi Wo Miteiruka?” sampai dengan single terbaru sekarang “Kimi Wa Melody”.

Selama karir Yupi di team trainee dan K3, dia sudah menyanyikan banyak lagu di beberapa setlist seperti Tenshi no Shippo dan Pajama Drive (Trainee-Pajama Drive), Idol nante Yobanaide dan Itoshisa no Defense (K3-Boku no Taiyou), Heart Gata Virus dan Tsundere (K3-Renai Kinshi Jourei), Ame no Doubutsuen <Kebun Binatang saat Hujan>, Fushidara na Natsu dan Cinderela wa Damasarenai (K3-Seinshun Girls) dan sekarang Dakishimeraretara (K3-Saka Agari). Yupi turut serta dalam pembuatan single diantaranya:

  • Yuuhi wo Miteiruka,
  • Fortune Cookie in Love,
  • Manatsu no Sounds Good,
  • Flying Get,
  • Gingham Check,
  • Kokoro no Placard,
  • Angin Sedang Berhembus,
  • Pareo wa Emerald,
  • Kibouteki Refrain,
  • Hallowen Night,
  • Beginner,
  • Mae Shika Mukane,
  • Luar Biasa,
  • So Long,
  • Suzukake Nanchara dan
  • Kimi wa Melody.

Album yang menyertakan Yupi diantaranya Mahagita, JKT48 Festival dan B.E.L.I.E.V.E.

Album Song JKT48 Mahagita (23.03.2016)

Senbatsu Sonsekyou atau lebih dikenal pemilihan member, Yupi merupakan member yang selalu dipercaya oleh fans dalam mengisi tempat pada single ke-6 Gingham Check (urutan 12), single ke-10 Kibouteki Refrain (urutan 9), single ke-13 Mae Shika Mukane (urutan 4) dan single ke-17 Suzukake Nanchara (urutan 5). Yupi dan kawan-kawan lainnya juga ikut memeriahkan konser JKT48 beberapa diantaranya Perkenalkan, Nama Kami JKT48, Sparkling JKT48-JKT48 First National Tour, JKT48 Live in Concert “Wayahe Suroboyo Rek!!” dan akan diadakan Melody Graduation Concert pada tanggal 24 Maret 2018.

Bakat Lain

Selain itu, Yupi juga pernah mendapat kesempatan bersama member lainnya seperti Melody dkk dalam pembuatan film bioskop Viva JKT48 yang tayang pada tahun 2014. Sayangnya doi tidak mendapat kesempatan dalam pembuatan photobook dirinya, tidak seperti Melody, Veranda (Ex-Member) dan Nabillah (Ex-Member) yang masing-masing mempunyai photobook. Yupi juga beradu akting pada serial tv dan YouTube Indonesia yaitu Cinta Luar Biasa (Hits Records) dan Kesempurnaan Cinta (NET.) juga mendapat tawaran iklan salah satunya produk yang nama produknya mirip dengan doi yakni permen “Yupi”. Selain beradu akting, doi bersama member JKT48 lainnya juga pernah mengikuti variety show seperti JKT48 Mission-Trans 7 (2013), JKT48 Story-RCTI (2013), iCLub48-NET. (2014-2015), Yokoso JKT48-ANTV (2014-2015) dan The Ichiban-RTV (2015).

Sekian fakta-fakta dan perjalanan karir “si anak gajah” Cindy Yuvia, semoga karirnya semakin bersinar dan selalu murah senyum. Pengalaman editor sewaktu hs JKT48 bertemu dengan Yupi memang orangnya susah diam, tetapi bukan juga bawel dan friendly banget pokoknya. Bagi kalian para CindviaDealoved atau yang memang mau kepoin doi bisa langsung follow akun sosmednya di twitter.com/Cindvia_JKT48 atau instagram.com/jkt48yupi/ . Sampai ketemu Idol Of The Month bulan depan ya, bakal ada member yang bikin kangen lho #CMIIW