Idol Of The Month – Kanako Momota Momoiro Clover Z

175
kanako momota

Mediahavefun.com – Konnichiwa minna, bagaimana kabar kalian semua? Semoga berbahagia selalu. Seperti biasa tiap bulannya Idol Of The Month akan mengupas fakta dan perjalanan karir idol Jepang. Awal tahun ini mau kepoin siapa ya? Mungkin kalian yang sedang baca tau siapa itu Dekochan. Bagi kalian yang belum tau, yuk kita kepoin member cantik satu ini. Kanako Momota atau yang akrab dipanggil Kanako atau Dekochan merupakan member dari idol grup Momoiro Clover Z. Perempuan kelahiran 12 Juli 1994 ini merupakan former juga leader berbakat Momoclo. Perempuan cantik kelahiran Hamamatsu perfektur Shizuoka ini memiliki tinggi 155 cm.

Dekochan memiliki dua saudara laki-laki, juga doi masih bertempat tinggal di dekat stasiun Hamamatsu. Nama Dekochan berasal dari kata deko yang bermakna jidat, doi menamai dirinya begitu karena memiliki jidat yang lebar (bagusan dipanggil Momota ah). Doi menjuluki dirinya sebagai Cinderella dari perkebunan teh, karena perfektur Shizuoka tempat lahirnya terkenal sebagai penghasil teh terbesar di Jepang. Dekochan sewaktu masih batita (bayi 3 tahun) sudah mengikuti kelas senam ritmik, juga dirinya mengikuti tari jazz saat menginjak kelas 3 SD.

Perjalanan Karir Dekochan

Awal mula Dekochan merambah dunia peridolan dimulai dari dirinya didaftarkan audisi bakat agensi Stardust Promotion. Dekochan pada saat itu masih berada di kelas lima sekolah dasar, kerja keras Dekochan terbalaskan dengan memenangkan audisi dan menandatangani kontrak bersama agensi 3Bjunior asuhan Stardust Promotion. Tahun 2008 Stardust Promotion menempatkan Dekochan sebagai salah satu member idol Jepang (tidak disebutkan namanya) yang rata-rata membernya berumur 14 tahun. Momoclo secara resmi diperkenalkan tanggal 17 Mei 2008 di pusat perbelanjaan Kawasaki Azalea sebagai proyek agensi Stardust Promotion, awal penampilan grup diketahui dilaksanakan di trotoar Taman Yoyogi di Shibuya Perfektur Tokyo Jepang. Penampilan ini diadakan bermaksud agar para member Momoclo dapat berinteraksi sosial dengan membagikan pamflet dan pelajaran menari juga mempromosikan idol grupnya.

Debut Pertama Momoiro Clover di Yoyogi Kouen

Beberapa bulan setelah perform rutin tersebut sang leader Reni Takagi menyerahkan statusnya kepada Dekochan sebagai leader baru. Dekochan bersama teman Momoclo mengikuti serangkaian acara yang diadakan oleh majalah B.L.T PRESENTS Girls Woodstock vol. 4 tanggal 9 Agustus 2008. Akhir musim panas 2008 manajemen taman Yoyogi (Yoyogi Kouen) melarang penggunaan pengeras suara pada acara jalanan. Hal ini membuat manajemen memindahkan penampilan Momoclo menuju Iidabashi Ramla Department Store pada tanggal 26 Oktober 2008. Tanggal 9 Maret 2009 Yukina Kashiwa mengumumkan kelulusannya membuat Momoclo hanya beranggotakan Kanako (Dekochan), Shiori, Akari, A-Rin, dan Reni.

Karir Emas Dekochan

Tanggal 24 Mei sampai 16 Agustus 2009 Dekochan bersama member Momoclo mempromosikan single indie pertamanya berjudul “Momoiro Punch” pada tour nasional pertamanya “Yamada Denki Presents ~Momoiro Clover JAPAN Tour 2009 Momoiro Typhooooon~” atau lebih dikenal “Suta☆Fest” di 24 toko elektronik Yamada Denki dari Hokkaido sampai Fukuoka. Tanggal 26 Juli 2009 pada saat tour nasional “Suta☆Fest vol.006” diumumkan penambahan member baru bernama Momoka Ariyasu. Susunan tim setelah itu menjadi Kanako (Dekochan), Akari, Shiori, A-Rin, Momoka, dan Reni, tetapi Momoka hanya ada disaat foto-foto perilisan single indie “Momoiro Punch” saja. Perilisan single pertama Momoclo “Momoiro Punch” dilakukan pada tanggal 5 Agustus 2009 di bawah label Happy Music Record. Tidak lama pada tanggal 3 Oktober sampai 23 November 2009 diadakan tur nasional “Momoiro Clover ‘9 Shinsuu Giant Series” untuk memperkenalkan single indie kedua “Mirai e Susume” yang rilis tanggal 11 November 2009. 

Single Indie Ke-2 Momoclo “Mirae e Susume” [11 November 2009]

Member Momoclo dibedakan dengan warna seifuku-nya dimulai single “Mirae e Susume”, Dekochan mendapatkan warna merah sampai sekarang. Tahun 2010 merupakan kenaikan karir Dekochan sebagai member, dimulainya Momoclo menandatangani kontrak label ternama Universal Record untuk perilisan single mayor pertama “Ikuze, Kaitou Shoujo” tanggal 5 Mei 2010. Single tersebut merupakan pencapaian emas Dekochan bersama member Momocla karena menempati posisi pertama pada Oricon Chart Harian dan posisi ketiga pada Oricon Chart Mingguan dengan 22,537 kopi di minggu pertama. Tahun 2011 Momoiro Clover berganti nama menjadi Momoiro Clover Z pada tanggal 10 April 2011 melalui voting, tetapi di hari yang sama Akari Hayami mengumumkan pengunduran dirinya dihadapan 500 fans Momoclo saat konser “Haru no Ichidaiji” di Lalaport Kashiwanoha. Tahun lalu tepatnya tanggal 31 Desember 2018 event “Yuku momo kuru momo ~ dai 2-kai momo iro utagassen~” yang diadakan di Pasifico Yokohama sebagai penampilan penutup Momoclo di akhir tahun dan sukses habis terjual.

Kemampuan Dekochan Lainnya

Dekochan memiliki kemampuan di bidang akting, sebut saja beberapa film yang dibintanginya seperti Shironome (2010), Shimin Police 69 (2011), NINIFUNI (2012), dan masih banyak lainnya sukses memikat penikmat film di Jepang. Selain itu, Dekochan juga pernah tampil di acara tv Shokora Aisareru Onna — Kirawareru Onna Grand Prix (NTV, 2009), Onryumon (NTV, 2010), Meringue no Kimochi (NTV, April 2013-September 2014) dan masih banyak lainnya. Dekochan juga sering menjadi gadis sampul majalah di Jepang sebut saja Pure-Pure vol.57 bersama Ariyasu, Gekkan Audition bersama Shiori, Quick Japan vol.109 [Cover] (12.08.2013) dan masih banyak lainnya yang pasti isinya mantab-mantap.

Sekian fakta menarik dan perjalanan karir si jidat lebar Dekochan (hehe..). Masih banyak cerita menarik mengenai Dekochan, tetapi tidak bisa semua penulis tuang di sini. Momocla hari ini sedang melakukan tur konser Asia bertajuk “ASIA TOUR vol.1 “MOMOIRO CLOVER Z” di Taipei dan besok dilanjutkan ke China. Bagi kalian yang sedang atau merencanakan ke Jepang jangan lewatkan acara “Japan Jam 2019” tanggal 4 Mei 2019 di Soga Sports Park Perfektur Chiba, Momoclo bakal memeriahkan acara di sana lho. Link pembelian tiketnya dapat mengunjungi japanjam.jp, lalu klik ticket atau kunjungi Momoclo. Jika kalian ingin lebih kepo dengan Dekochan dapat mengunjungi blog pibadi atau instagramnya. Sampai bertemu di Idol Of The Month bulan depan ya, #KeepHaveFun and bye-bye~. #CMIIW