Idol Of The Month – Moa Kikuchi Baby Metal

919

mediahavefun.com – Hai partner, pada postingan Idol Of The Month bulan April ini akan membahas perjalanan karir dan fakta menarik mengenai salah satu member yang tergabung dalam idol group yang mengusung tema pop metal . Pasti partner sudah pada tahu dong, ya Baby Metal. Kali ini Idol Of The Month akan mengupas habis perjalanan karir dan fakta menarik si imut Moa Kikuchi.

Moa Kikuchi merupakan gadis kelahiran 4 Juli 1999, lahir di perfektur Aichi negara Jepang. Memiliki tinggi badan 154 cm dengan rasi bintang cancer akrab dipanggil Moa-Metal. Moa kecil dahulu memiliki cita-cita suatu saat jika sudah besar ingin menjadi apoteker karena menurutnya pekerjaan itu dapat mencampurkan obat seperti seorang penyihir. Moa merupakan gadis yang sangat gemar dengan olahraga terutama balet, tenis, senam dan renang. Selain itu dia juga senang dengan makanan berupa onigiri dengan isi tunamayo, makanan ringan, sup buatan ibunya dan minuman berupa jus tomat juga jus sayuran. Moa juga sangat mengidolakan penyayi perempuan bernama Suzuki Airi dan idol group ℃-ute.

Sejak kecil, Moa phobia dengan keadaan gelap, takut tidur sendirian dan takut disaat mencuci rambutnya (mungkin takut perih kali ya). Walaupun Moa merupakan member Baby Metal paling imut diantara lainnya, tetapi dia suka sekali dengan makan buktinya dia pernah juara satu lomba makan sewaktu TK (kecil-kecil cabe rawit..ckck). Perempuan bermata besar juga berlesung pipi ini mudah sekali menangis (cie baperan), susah untuk bangun tidur sendiri dan suka kesal sendiri setelah bangun tidur.

Perjalanan Karir Moa-Metal

Perjalanan karir Moa dimulai dengan dirinya pada saat itu masih berumur 8 tahun bergabung dengan agensi Amuse.Inc yang menangani artis dan musisi seperti OneOkRock dan Perfume. Pada saat itu Moa mengikuti kejuaraan audisi menyanyi bergengsi Ciao yang diadakan pada tahun 2007 (Ciao Audition 2007). Moa menduduki peringkat ke-2 pada babak Semi-Grand Prix yang diadakan oleh agensi yang sama yakni Amuse.Inc. Tiga tahun setelahnya pada 2 Agustus 2010, Moa bertemu dengan Yui dan bergabung ke dalam idol group Sakura Gakuin di usianya yang ke-11 tahun.

Idol group Sakura Gakuin beranggotakan perempuan yang masih bersekolah di sd-smp yang menjadi ciri khas dari idol group tersebut, akan tetapi idol group tersebut sama sekali belum merilis lagu dikarenakan masih baru. Anggota dari idol group ini dibagi ke dalam beberapa sub grup yang lebih kecil biasa dinamakan dengan klub atau ekstrakurikuler dan Moa beserta Yui makin akrab bergabung dengan klub baton (minipati) dan twinklestar. Masih di tahun yang sama, Moa dipercaya memimpin sebagai ketua kelas ke-4 (leader) di Sakura Gakuin.

Tidak lama setelah mereka bergabung ke dalam sub grup tersebut, Moa dan Yui mendirikan sub grup baru beraliran heavy metal dipadukan dengan pop bersama Suzuka Nakamoto (Su-Metal) yang sekarang dikenal dengan Baby Metal. Padahal mereka bertiga tidak ada satupun yang mengenal musik beraliran heavy metal tersebut, tetapi pihak manajemen setuju dan meresmikan kelahiran idol group Baby Metal di tahun 2010. Dari sanalah karir Moa-Metal, Yui-Metal dan Su-Metal dimulai dengan tampil secara live di konser solo pertama Sakura Gakuin pada tanggal 28 November 2010.

Prestasi Cemerlang Moa-Metal

Moa, Yui dan Su Baby Metal pada saat konser solo pertama Sakura Gakuin 2010 tampil membawakan lagu pertamanya yang berjudul “Doki-Doki Morning” yang sebenarnya dirilis di bulan April 2011 dalam album Sakura Gakuin 2010 Nendo: Message. Moa bersama rekan Baby Metal membuat video klip “Doki-Doki Morning” dan diterbitkan di channel Youtube Toy Factory tanggal 12 Oktober 2011. Di tahun yang sama pula Moa bersama rekan Baby Metal membuat video klip kedua “Ijime, Dame, Zettai” dan diterbitkan di channel Youtube, tidak disangka viewer dari video tersebut mencapai 1 juta di akhir tahun 2012.

Baby Metal memiliki CD Single pertama kolaborasi dengan band Akiba atau “Baby Metal x Kiba of Akiba” di bawah naungan label Toys Factory. Tahun 2012 merupakan tahun yang spesial bagi Moa dan rekan Baby Metal, karena idol grup tersebut menduduki peringkat ketiga Oricon Weekly Indie Chart dan peringkat pertama Tower Records Shibuya Weekly Chart (tangga lagu mingguan). Masih di tahun yang sama, Moa beserta rekan Baby Metal merilis lagu baru “Headbanger” dan untuk video klipnya disutradai oleh Hidenobi Tanabe.

Acara musik tahunan “Japan’s Summer Sonic Festival” merupakan debut dari Baby Metal di tahun 2012 dan menjadi penampilan termuda pada saat itu. Debut pertama Baby Metal di acara tahunan itu membuat Moa, Yui dan Su dapat merasakan tour pertama kali di luar Jepang yakni pada perayaan tahunan AFA (Anime Festifal Asia) yang diadakan di Singapura Tahun 2012. Bulan Januari 2013, Moa bersama rekan Baby Metal melakukan perekaman lagu “Ijime, dame, Zettai” bersama label utamanya Amuse.Inc tahun 2013 dan menduduki peringkat ke-6 Oricon Weekly Chart Indie. Musim semi tahun 2013 menandai kelulusan Suzuka Nakamoto dari sekolah smp sekaligus dari Sakura Gakuin, tetapi tidak membuat Baby Metal bubar dan manajemen menjadikan aktivitas mereka menjadi sebuah band.

Baby metal menngeluarkan lagu baru berjudul “Megitsune” pada 19 Juni 2013. Baby Metal ikut lagi dalam “Japan’s Summer Sonic Festival” diadakan tanggal 10-11 Agustus di Tokyo dan Osaka. Bulan Oktober 2013, Moa beserta rekan Baby Metal mendapat kesempatan tampil “Heavy Metal Music Festival Loud Park” di Chiba. Akhir tahun 2013 untuk kali keduanya, Moa dan rekan Baby Metal melakukan tur Asia dan tampil di salah satu event tahunan AFA di Singapura (kali ke-2) dan Indonesia pertama kali pada tanggal 7 September 2013. Pada tanggal 26 Februari untuk pertama kalinya Baby Metal mengeluarkan album Self-Titled yang berisi 13 lagu mereka dan terjual sekitar 37.000 kopi dan menduduki peringkat ke-4 Oricon dan Billboard Japan. Tanggal 1-2 Maret 2014, Moa dan rekan Baby Metal tampil 2 hari dalam konser diadakan di Budokan yang dihadiri 20.000 orang dan perupakan penampilan termuda di saat itu. Saat ini Baby Metal masih menjalankan tournya di benua Eropa dan Amerika. Oh iya ada satu info yang ketingalan, musik pengiring Baby Metal disebut dengan Kami-Band yang beranggotakan dua gitaris, satu basis dan satu drummer.

Sekian fakta menarik dan perjalanan karir si imut Moa Kikuchi, semoga semakin menambah wawasan kita agar lebih mengenal tentang doi. Oh iya bagi kalian yang sedang atau akan berwisata ke Jerman bisa nih sekalian liat penampilan mereka di sana bisa cek di www.babymetal.com untuk melihat jadwalnya. Keep Have Fun. #CMIIW