Harumatsuri 2018 – Beragam Mempercantik Budaya

234

mediahavefun.com – acara bernuansa budaya yang di tampilkan oleh Universitas Muhammadiyah prof. Hamka (UHAMKA) pada Harumatsuri 2018 ini, mempunyai daya tarik tersendiri. Acara yang bisa dirasakan bukan hanya para pemuda pemudi yang hadir, orang berumurpun bisa menikmatinya. Adapun terasa koloborasi budaya didalamnya membuat cantik acara.

Apa saja Acara di dalamnya?

Workshop

Acara Harumatsuri 2018 ini terdapat workshop Bento yang dimana membuat kreasi terhadap makanan. Ini mengajarkan kepada peserta bahwa makanan yang dibentuk bisa membuat sang anak bisa mengugah nafsu makannya. Adapun tip yang dibagikan oleh narasumber.

Kreatifitas didalam Bento ini bukan hanya dihiasi banyak warna namun juga terdapat nutrisi, serta bisa membuat buah hati ataupun yang mau memakannya menggugah selera. Sebagai tanda penutupan workshop Bento, peserta mendapatkan doorprize tidak sampai situ saja kreatif membuat Bento juga diberikan bingkisan cantik.

Area Stage

Harumatsuri 2018 untuk daerah panggung juga memberikan kesan yang berbeda.Namun memberi suasana bagaimana harmonisnya antara dua kultur budaya ditampilkan. Disini juga terdapat beberapa lomba, dan disini terasa juga para hijab cosplay yang rata-rata masih belum lama ikut serta menjadi seorang Cosplayer.

Disini juga diperkenalkan budaya mengenai seni bela diri Kendo. Yang dilakukan oleh Mahasiswa Unsada, dan disana dijelaskan bahwa Kendo (剣道 kendō?) adalah seni bela diri modern dari Jepang yang menggunakan pedang. Kendo berasal dari kata “ken (剣)” yang artinya “pedang”, dan “dō (道)” yang artinya “jalan”. Jadi arti kendo secara keseluruhan adalah suatu jalan/ proses disiplin diri yang membentuk suatu pribadi samurai yang pemberani dan loyal.

Para pengunjung diperlihatkan apa saja didalam kendo tersebut beserta Ujian ataupun peraturan pertandingannya. Selain itu ada penampilan yang tidak kalah membuat penonton bergerak yaitu keseniang angklung yang dimainkan oleh Anglung Melodi Manis.

Menariknya tidak sampai situ tarian Yosakoi ada hal yang bikin menarik perhatian jika kita lihat pakaian yang digunakan oleh penari Yosakoi ini memadukan gaya pakaian Jepang dengan motif kainnya Indonesia. Para pengunjung pun disini terbawa suasana yang dilakukan oleh para pemain dan ikut menari didalamnya. Banyak sekali keseruan yang ada didalam acara ini selama berlangsung, walau acara ini sempat hujan rintik namun pengunjung tetep berantusias menikmati acaranya.