Ennichisai 2019 Mengambil Tema Danketsu Mempersatukan Kebudayaan

30

mediahavefun.com – Festival Jepang (Matsuri) Little Tokyo Ennichisai yang mendatangkan 300.000 pengunjung ini akan kembali diselenggarakan di tahun 2019 pada tanggal 22-23 Juni. Bertempat di kawasan Blok M, tahun ini adalah pelaksanaan Ennichisai yang ke-10 dan dirayakan sebagai 10th Anniversary dengan mengambil tema “Danketsu” atau “Unity”.

Tema “Danketsu” atau “Unity” dibuat mengingat Ennichisai adalah sebuah acara yang mempersatukan berbagai macam pengunjung dan tidak membeda-bedakan siapapun yang hadir di Ennichisai, semua bersatu untuk menikmati kemeriahan, seperti persatuan Indonesia yang terjalin karena akan menyambut pemerintahan setelah pemilu. Hal ini Seiring dengan pergantian kaisar di Jepang yaitu memasuki era bernama REIWA (Beautiful Harmony) yang bermaknakan “perdamaian dan harmoni” diharapkan Ennichisai menyatukan semangat persatuan Indonesia dan harmoni Jepang dalam perubahan era yang baru demi kedamaian dan persahabatan. Logo dibuat oleh Kaligrafer Taro Todoroki dari Jepang, dan tahun ini juga akan buka booth untuk memberikan workshop di Ennichisai.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Ennichisai memiliki konten utama bazaar kuliner dan pernak pernik Jepang, parade dan arak-arakan tandu Omikoshi, penampilan seni kebudayaan Jepang, kolaborasi kebudayaan Indonesia Jepang, kompetisi nasional cosplay, dan pertunjukan artis dari Jepang.

Akan ada 3 panggung yang kembali memeriahkan Ennichisai 2019, yaitu Main Stage yang berisi acara kebudayaan Tradisional Jepang dan Indonesia, Pop Stage yang berisi acara kebudayaan pop culture Jepang seperti cosplay dan j-pop music, dan Chika Stage yang berisi acara band dan dance dari komunitas pecinta kebudayaan Jepang.

BOOTH
  1. Sponsor Booth : 30 booth
  2. F&B Booth : 80 booth
  3. Non F&B Booth : 70 booth
    (Jumlah perkiraan per 01 Mei 2019)

Untuk area booth baik kuliner maupun pernak pernik, tahun ini Ennichisai diikuti oleh booth makanan seperti takoyaki, okonomiyaki, ikayaki, ramen, sushi, ringo ame dan lain sebagainya. Ada juga aneka pernak pernik seperti nekomimi, anime t-shirt, uchiwa, dll, kemudian ada promo produk seperti otomotif, minuman, alat tulis, dll.

AREA PENDIDIKAN

Khusus untuk tahun ini Ennichisai tidak hanya memanjakan penggemar kuliner dan kebudayaan Jepang. Area booth pendidikan dibuat bagi para pengunjung yang tertarik
mencari informasi untuk sekolah di Jepang. Ada beberapa sekolah dan lembaga yang hadir di Education Area di dekat Pop Stage. Total Booth : 8 booth diantaranya, Gakushudo, Sendai Ikuei Gakuen (SMA), JEI Consulting, GLOBIS Asia Campus Singapore, Shinjuku Japanese Language Institute, Yokohama International Education Academy, ECC Kokusai College of Foreign Languages, Interculture Language Academy. Beberapa sekolah tersebut bisa di cek pada website: jeducation.co.id

STREET PERFORMANCE

Tahun 2019, street performance ENNICHISAI semakin meriah dengan hadirnya parade tahunan Omikoshi dan Dashi . Kemudian pertunjukan Kochi Yosakoi dan Oiran Douchu yang khas. Tarian Yosakoi menggelar kembali kontest Yosakoi.

Ada juga kecerian pertunjukan dari Cheerleader Anak-anak dan Okinawa Eisa . Jangan lewatkan juga keindahan kostum dan kejutan penampilan dari para street performer di akhir acara Ennichisai 2019.

STAGE PERFORMANCE ENNICHISAI

ENNICHISAI memiliki 3 stage yaitu
1. Main Stage (Traditional, Band)
2. Pop Culture Stage (Pop Culture, Performer dari Jepang, JKT48, Cosplay)
3. Chika Stage (Berbagai komunitas hobi Jepang, Idol lokal, Band lokal)

MAIN STAGE (Lokasi – Samping Boutique Hotel)

M Stage adalah panggung utama di Ennichisai, untuk memperkenalkan budaya dan seni
tradisional Jepang misalnya Taiko (musik tradisional), Shodo (lukisan tradisional), Buyou
(tarian tradisional), dan kesenian tradisional dari Indonesia juga ada. Ada juga Yosakoi dan Eisa (tarian tradisional) yang ditampilkan oleh orang Indonesia. Kami harapkan panggung ini menjadi tempat yang bisa saling menikmati budaya Jepang dan Indonesia. Yang paling utama adalah penampilan tim Bonten dengan Kojima Chieko sebagai Taiko performer professional dari Jepang, akan tampil pada tanggal 22 -23 Juni malam dengan penampilan yang keren sekali. Jika belum tahu apa itu Taiko, pasti akan tertarik oleh penampilannya. Anda wajib menonton seluruh pertunjukannya!

POP CULTURE STAGE (Lokasi – Belakang Blok M Square)

Pengisi acara yang saat ini direncanakan adalah JKT48, Idol Enka Girls, boys idol CoLoN:, Addiction, dan Tersera Traps, idol bigo dari Jepang, Virtual Idol Love Pledge, Rei Naria kembali ke Ennichisai dengan vokalis Shion Aoyagi, dan lainnya. DJ session oleh Tsukimomo, Vibetronic (Surabaya), dan REDSHiFT. Ennichisai juga kembali akan menyelenggarakan Grand Final Kompetisi Cosplay tingkat Nasional (ICGP, Indonesia Cosplay Grand Prix) dan parade cosplay, cosplay performance dari KOMUTOKU (Komunitas
Tokusatu) dan mini theater cosplay dari COSURA (Cosplay Surabaya)

CHIKA STAGE (Lokasi – Belakang Blok M Square)

Chika Area pada tahun 2019 akan kembali diadakan karena banyaknya animo dari pengunjung yang datang

Bagaimana cara untuk berkunjung ke Ennichisai 2019? Para pengunjung dianjurkan untuk menggunakan MRT , Busway, atau online karena lokasi parkir kendaraan terbatas. Cukup dengan tujuan ke terminal Blok M, maka para pengunjung sudah bisa mengetahui dimana lokasi Ennichisai 2019. Pengunjung juga diperbolehkan menggunakan pakaian khas Jepang untuk berkunjung ke Ennichisai 2019 untuk merasakan pengalaman seru serasa di negara Jepang, apalagi di Ennichisai banyak sekali warga Jepang asli yang ikut serta dan menggunakan bahasa Jepang.