BerandaFun InformasiBINUS ASO SCHOOL OF ENGINEERING (BASE): MEMILIKI 3 PROGRAM PERPADUAN KONSEP BUDAYA...

BINUS ASO SCHOOL OF ENGINEERING (BASE): MEMILIKI 3 PROGRAM PERPADUAN KONSEP BUDAYA JEPANG!

BINUS ASO School of Engineering (BASE), Automotive & Robotics Engineering, Product Design Engineering, Business Engineering

BINUS ASO School of Engineering (BASE) merupakan salah satu perguruan tinggi Indonesia bertaraf Internasional yang berfokus pada bidang teknik. Bekerja sama dengan ASO College Group dari Jepang, BINUS siap menghasilkan lulusan yang berkualitas untuk menjadi sumber daya manusia yang kompeten dalam menghadapi integrasi global dan regional. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, BINUS memiliki 3 program dengan penekanan pada pendekatan state-of-the-arts.

Hadir dengan konsep lingkungan budaya Jepang yang interaktif, kampus BASE juga memfasilitasi mahasiswanya dengan berbagai fasilitas terkini. Program disampaikan dalam bahasa Inggris dan Indonesia dengan pengajar bahasa Jepang dan Indonesia yang berpengalaman. Setiap mahasiswa diberikan kesempatan untuk memperoleh pengalaman dan menerapkan ilmu di luar negeri melalui summer course program di Jepang dan magang di industri Jepang atau multinasional.

Automotive & Robotics Engineering program

Program ini membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan untuk menganalisis, merancang, dan membangun sistem elektronik mekanis dan otomatis untuk suku cadang otomotif dan proses manufaktur menggunakan alat desain yang digunakan dalam industri global saat ini. Ini mencakup desain dan pengembangan sistem mekanis 3D, elektronik dan sistem komputer, sistem robotik dan otomasi, serta teknik otomotif dan operasi.

Kurikulum pada program Automotive & Robotics Engineering (ARE) dirancang khusus untuk memberikan mahasiswa dasar-dasar sains yang diperlukan, dasar-dasar dalam komputer dan teknik mesin, dan keterampilan yang lebih terfokus dalam pengembangan otomotif, robotika, dan sistem otomasi. Mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mempelajari serangkaian keterampilan teknis khusus: pemodelan 2D & 3D menggunakan Autocad® dan CATIA®, pembuatan prototipe, desain sirkuit untuk sistem tertanam, pemrograman bahasa Assembly dan C untuk sistem tertanam, pemrograman MATLAB® untuk pemrosesan sinyal digital & buatan intelijen, pemrograman labVIEW® untuk sistem kontrol, pemrograman PLC, pemrograman robot industri, dan desain jaringan komputer perusahaan.

Selain itu, fasilitas untuk mendukung program Automotive & Robotics Engineering (ARE) yaitu; Lab Komputer, Lab Fisika, Lab Elektronika, Lab Drafting 2D, Lab CAD 2D & 3D, Lab Robotika, dan Lab Manufaktur.

Product Design Engineering program

Program ini akan mempelajari cara mengembangkan konsep desain, memanfaatkan bahan yang sesuai untuk dibentuk dan diwarnai, dan mengubahnya menjadi produk desain yang inovatif dan fungsional yang berpusat pada manusia dalam batasan yang realistis. Hasilnya dapat mengembangkan desain inovatif dan fungsional otomatis atau manual dalam konteks peralatan manusia, aksesori mobil, dan peralatan otomotif.

Kurikulum pada program Product Design Engineering (PDE) dirancang sedemikian rupa untuk memperkuat pemahaman, pengetahuan, dan kemampuan untuk membuat dan menerapkan rekayasa desain produk secara keseluruhan untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan. Fasilitas untuk program ini terdiri dari Lab Komputer yang dilengkapi dengan software terupdate (AutoCAD, Pro/Engineer, CAM, CATIA, Photoshop/Illustrator, ARENA, Minitab, LINDO/LINGO, ErgoWEB), tools (printer 3D moulding, cutting 3D printer, mesin drafting), dan lab gambar mekanik.

Business Engineering program

Business Engineering (BE) adalah program studi yang fokus pada pengaplikasian pengetahuan serta keahlian engineering dan information technology (IT) ke dalam area bisnis. Para lulusannya akan dibekali kompetensi dalam perspektif rekayasa sistem industri, teknologi informasi hingga manajemen. Mahasiswa yang tergabung dalam jurusan ini bisa mengambil peran dan menciptakan inovasi sehingga dapat bersaing di era society 5.0 dan ASEAN Economic Community (AEC).

Program Business Engineering (BE) memiliki cakupan belajar yang sangat luas sehingga akan menghasilkan kemampuan skill yang beragam dan berguna untuk jenjang karir di masa mendatang. BINUS menerapkan kurikulum yang mencakup pada bidang data creation dan warehouse, data mining dan analisis, system modeling dan optimisasi, pengembangan yang berkelanjutan, serta belajar dalam pengambilan keputusan pada situasi yang cepat berubah.

Fasilitas yang ditawarkan pun sangat beragam. BINUS ASO School of Engineering (BASE) mempunyai sejumlah fasilitas yang mendukung kegiatan mulai dari Ergonomic Laboratory, Mechanical Drawing Laboratory, Physics Laboratory, Computer Laboratory equipped with simulation, database, programming, data mining, and optimization software, serta Multi-perspective Enterprise Modeling (Capstone Project) Laboratory.

“BINUS ASO School of Engineering memiliki fasilitas yang dapat menunjang dan memberikan pengalaman selama melakukan perkuliahan di BINUS ASO School of Engineering. Fasilitas dan nuansa ala Jepang yang didesain dalam Kampus BINUS ASO School of Engineering tentu akan membuat mahasiswa merasakan pengalaman seperti kuliah di Jepang.” Tutup Prof. Fergyanto selaku Dean of BINUS ASO School of Engineering

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments