Belajar dan Memahami Tentang Budaya Jepang Melalui Film di Pekan Sinema Jepang 2018

3

Jakarta, 28 November 2018 – Lebih dari 30 film populer jepang akan datang ke Jakarta dalam rangka memperingati hubungan diplomasi ke 60th antara Jepan dan Indonesia. Visual Industry Promotion Organization (VIPO) bersama Agency of Cultural Affairs dan Japan Foundation akan menyelenggarakan pecan pemutaran film film Jepang di Indonesia Japan Cinema Week 2018 (Pekan Sinema Jepang 2018) bertempat di CGV Grand Indonesia, Jakarta 7-16 Desember 2018. Harapannya dengan terselenggarakan acara ini adalah meningkatkan pemahaman masyarakat Indonesia terhadap kebudayaan Jepang, memperbesar peluang diputarnya film-film Jepang di Indonesia, dan berkontribusi terhadap perkembangan cultural tourism di Jepang.

Tidak hanya di Jakarta, minggu lalu juga telah terselenggarakan acara serupa di Makassar dan tepat pada tanggal 27 November ini juga dimulainya acara film festival di Yogyakarta serta menyusulnya kota Bandung yang akan terselenggarakan acara tersebut pada akhir Desmber 2018 nanti. Pada Pekan Sinema Jepang 2018 di Jakarta, siap menghadirkan 36 Film yang terdiri dari 6 kategori, diantaranya ; New J-Director, New J-Film, “Samurai” Historical, “Kira-Kira” Teen, “Tokusatsu” Special Effect & Documentary. Berikut beberapa judul yang akan ditayangkan antara lain ; One Cut of the Dead, Pieta in the Toilet, Miss Hokusai, Let Me Eat Your Pancreas, GAMERA: The Guardian of the Universe, dan GODZILLA (1954).

Selain menghadirkan film yang di impor langsung dari negeri sakura, Pekan Sinema Jepang 2018 juga menghadirkan kegiatan-kegiatan yang menarik dan tentunya sanagat mengedukasi sekali bagi para sineas muda di tanah air. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain adalah workshop mengenai special effect (Tokusatsu), diskusi dengan produser dan aktor dari Jepang, serta simposium oleh filmmakers dari kedua negara. Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas industri film di Indonesia dan Jepang.

Untuk harga tiket nontonnya di CGV Grand Indonesia mulai dari 20 ribu rupiah untuk weekdays dan 25 ribu rupiah untuk weekends saja lho! Murah kan? Tunggu apalagi, ajak teman dan kerabatmu untuk bersenang-senang sambal mengenal budaya jepang lebih dalam melalui film-filmnya. Dan jangan lupa ikutan juga kuisnya di Instagram @MediaHaveFun untuk memenangkan 20 tiket untuk 10 orang pemenang. Informasi selengkapnya tentang Pekan Sinema Jepan 2018, kunjungi https://www.jcinema2018.id/