Bekraf Luncurkan BUKU ICINC untuk Pelaku dan Produk Kreatif

23

www.mediahavefun.com – Jakarta – Sejak dibentuk di tahun 2015, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) telah secara aktif berupaya membangun ekosistem ekonomi kreatif yang kohesif di Indonesia dan mendukung para pelaku di berbagai kegiatan baik dalam maupun luar negeri. BEKRAF kembali membuktikan upayanya dengan meluncurkan buku direktori ekonomi kreatif yang berjudul ‘ICINC – For You’.

Kepala BEKRAF Triawan Munaf menyatakan bahwa BEKRAF melihat adanya kebutuhan data dan alat pemasaran praktis untuk mempermudah proses pengenalan tiap sub-sektor ekonomi kreatif Indonesia. “Buku ICINC For You ini diharapkan tidak hanya merangkum para pelaku dan produk ekonomi kreatif Indonesia, tetapi juga dapat menjembatani terjadinya pembelian karya atau jasa baik secara domestik maupun internasional,” ujar Triawan.

Buku direktori ICINC – For You yang diluncurkan merupakan tiga buah buku yang meliputi tiga sub-sektor ekonomi kreatif, yaitu Kuliner, Kriya dan Fesyen. Terdapat delapan belas brand fesyen asli Indonesia yang telah bepartisipasi dalam berbagai expo maupun kolaborasi dengan berbagai pihak di luar negeri. Dalam buku direktori ICINC – For You, tidak hanya fesyen couture yang diangkat, namun juga modest fashion, streetwear, beserta aksesori-nya turut mendapatkan porsi.

Turut hadir juga dalam acara peluncuran buku direktori ICINC – For You adalah perwakilan dari sub-sektor Kriya Diana Nasir, sub-sektor Fesyen Khairiyah Sari dan sub-sektor Kuliner Kevindra Soemantri. Peluncuran ICINC – For You ini pun disambut positif oleh para pelaku di industri ekonomi kreatif, karena tidak hanya membantu mereka dalam memasarkan produknya, namun juga membuka berbagai pintu baru untuk lebih mengenal sesama pelaku. “Tentunya kami sangat berbahagia direktori ini akhirnya dapat diluncurkan, semoga direktori untuk subsektor lainnya juga dapat segera diluncurkan,” ujar Khairiyah Sari.

Buku ICINC – For You ini nantinya tidak hanya akan disebarkan di dalam negeri, namun juga akan disebarkan ke luar negeri dan dapat diunduh di laman BEKRAF. “Tentunya upaya BEKRAF untuk menciptakan ekosistem ekonomi kreatif yang kohesif tidak berhenti di tiga buku direktori ini saja. Kami akan segera merilis buku direktori lainnya untuk seluruh sub-sektor ekonomi kreatif yang berada di bawah naungan BEKRAF,” tutur Joshua Simanjuntak, Deputi Pemasaran BEKRAF.7