BEKRAF Habibie Festival 2018 Dengan Zona Area yang Kreatif

253

Mediahavefun.com –  Jakarta. BEKRAF Habibie Festival 2018 telah dilaksanakan pada tanggal 20-23 September 2018, tahun ini diselenggarakan di JIExpo Kemayoran Hall D. Festival teknologi terbesar se-Indonesia ini merupakan tahun ketiga dari BEKRAF Habibie Festival. Selain di Jakarta, BEKRAF Habibie Festival ini juga dilaksanakan di Batam dan Solo. Di Batam pada tanggal 2-4 Maret 2018 kemarin berlokasi di Radisson Golf & Convention Centre, sedangkan di Solo pada tanggal 20-22 April 2018 kemarin yang berlokasi di De Tjolomadoe.

CEO & CoFounder Bekraf Habibie Festival Sachin V. Gopalan memperkirakan tahun ini pengunjung mencapai 100.000 orang, karena tiap tahun pengunjung terus bertambah dan tiap tahun juga menambahkan sesuatu yang berbeda dari tahun sebelumnya agar menarik pengunjung. Tema acara ini adalah “Lihat, Sentuh, dan Rasakan Teknologi dan Inovasi Terbaru”.

Tahun ini BEKRAF Habibie Festival terbagi menjadi beberapa zona, antara lain : FoodFest, Berkarya Academy, Bazaar Inovasi, Indonesia FundFest, Future Transportation, FinTech 2.0 future of money, Innovation Jam, Maker land, Future of Living, Sport zone, Robomania, Infusion, dan daftar sekolah. Tidak lupa juga terdapat seminar dan talkshow, ada talkshow dari BEKRAF, INOTEK, Telkomsel, Ciputra ,dan lain-lain.

Ada beberapa stand yang menarik perhatian kami, seperti stand dari Bumi Kardus, Pal, dan Pindad. Bumi Kardus mungkin kalian pernah dengar, beberapa kali Sanjaya Arifin si pemilik usaha ini masuk berita lokal, baik di televisi atau di online. Awal mula bisnis ini muncul ketika Sanjaya Arifin ingin membuatkan anaknya rumah boneka dari kayu yang ternyata harganya lumayan, kemudian dia mengganti kayu dengan kardus dan ternyata disukai oleh orang-orang yang kemudian dia jual secara online melalui Instagram dan facebook. Bukan hanya rumah boneka saja sekarang dia jual tapi berbagai jenis mainan sesuai keinginan pembeli, seperti mobil, kapal, robot, dan sebagainya.

PT.PAL Indonesia persero sebagai salah satu industri yang memproduksi alat utama sistem pertahanan Indonesia khususnya di Lautan. PT. PAL Indonesia didirikan pada tahun 1939 yang bermula dari sebuah galangan kapal Marine Establishment (ME) yang diresmikan oleh pemerintah Belanda. Yang menarik PT. PAL Indonesia ini menampilkan berbagai gambar jenis kapal laut untuk perang dan niaga. Nah kalau PT. PAL Indonesia ini memproduksi kapal laut, sedangkan untuk PT.Pindad ini memproduksi senjata, amunisi, kendaraan khusus, sistem keamanan, dan lain-lain yang berguna untuk menjaga keamanan dan pertahanan juga. Di BEKRAF Habibie Festival, PT. pindad juga menampilkan berbagai jenis senjata api seperti beberapa jenis pistol, dan amunisinya  Jadi kita bisa tahu bentuk-bentuk senjata api yang biasa kita mainkan dalam game seperti PUBG atau Free Fire.

Ada banyak stand di BEKRAF Habibie Festival, seperti beberapa stand universitas, UKM yang menjual baju, madu, dan barang-barang unik. Ada juga berbagai stand yang memperkenalkan VR, robot, drone, dan kerajinan tangan. Hanya Foodfest yang terdapat di depan Hall D, banyak stand makanan dan bangku yang memadai untuk makan. Tentu saja harga makanan nya sangat terjangkau. Oh ya, Habibie Festival ini gratis loh. Jadi tahun depan kalian harus datang ya, banyak ilmu yang kalian bisa dapat disini. [STE]