Baparekraf Game Prime 2021 Online Mengadakan Program Game Lokal

27

Mediahavefun.com – Baparekraf Game Prime 2021 Online kali ini memberikan rangkaian pendukung selain memperlihatkan esport namun juga program beli game lokal. Apa aja rencana rangkaian acaranya?

Program Beli Game Lokal

Untuk gamer yang hendak membeli game lokal Indonesia,  masih dalam rangkaian pelaksanaan Baparekraf Game Prime 2021 Online sekaligus mendukung game lokal dan merayakan Hari Game Indonesia (HARGAI), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif akan me-launching program Beli Game Lokal.

Pelaksanaan program Beli Game Lokal ini merupakan kolaborasi antara Kemenparekraf bersama dengan eCommerce di Indonesia melalui pemberian insentif game-game lokal Indonesia dengan nilai diskon sampai dengan seratus ribu rupiah. Akan ada 20 game lokal berbasis PC yang akan mendapat promosi di berbagai marketplace yaitu Bukalapak, JD.ID, Shopee, dan Tokopedia dari tanggal 2 Agustus 2021 sampai dengan 8 Agustus 2021.

Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia, Leontinus Alpha Edison, menyambut baik inisiatif penyelenggaraan kampanye Beli Game Lokal serta menyatakan komitmen Tokopedia dalam mendukung pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia. “Tokopedia berkontribusi secara aktif dalam menyukseskan kampanye Beli Game Lokal hasil kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI serta Asosiasi Game Indonesia. Kami juga berharap agar kampanye tersebut dapat menjadi momentum yang baik untuk mendorong promosi game lokal di Indonesia sebagai salah satu bentuk pengembangan ekonomi kreatif. Para peminat game nantinya akan dapat menikmati berbagai promo menarik untuk pembelian voucher game lokal di Tokopedia. Di sisi lain, kolaborasi ini juga diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk semakin bangga akan produk buatan Indonesia dengan turut serta mendorong inovasi game lokal agar dapat semakin dikenal.”

Chief Marketing Officer (CMO) JD.ID, Leo Haryono, mengungkapkan rasa antuasiasnya. “JD.ID sebagai salah satu platform e-commerce di Indonesia sangat antusias menyambut gelaran Baparekraf Game Prime 2021 ini, karena meskipun saat ini situasi dan kondisi masih pandemi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Game Indonesia (AGI) serta GGWP.ID berkolaborasi dengan menyuguhkan acara e-sports, game, edukasi, hingga hiburan yang tentunya dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Kami tentunya akan turut mendorong, sekaligus mendukung game lokal dan juga merayakan Hari Game Indonesia (HARGAI) melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif dengan meluncurkan acara yang bertema #MainGameLokal tersebut. JD.ID akan menjadi wadah bagi para gamers untuk bisa menghadirkan 20 game lokal berbasis PC yang akan segera tersedia di JD.ID pada periode tanggal 2 – 8 Agustus 2021. Dengan adanya program ini, kita harus memanfaatkan sebaik mungkin agar konsumsi game lokal di Indonesia semakin meningkat, terdepan, berkualitas dan pastinya tidak kalah dengan produk game negara lain” jelas Leo.

Handhika Jahja selaku Direktur Shopee Indonesia menyampaikan, “Shopee menyambut baik inisiatif Beli Game Lokal Kemenparekraf bersama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) dengan turut memasarkan game-game lokal tersebut di platform kami. Ini merupakan sebuah inisiatif yang menarik, terutama dalam masa pandemi, sebagai alternatif hiburan bagi masyarakat Indonesia khususnya penggemar e-sports. Shopee berkomitmen untuk terus mendukung produk-produk lokal buatan Indonesia dan kami mengapresiasi gerakan untuk terus mendorong dan mengembangkan game-game lokal. Dengan adanya program ini, diharapkan semakin meningkatkan minat masyarakat Indonesia terhadap game-game lokal dan dan dapat menumbuhkan bibit-bibit pembuat game lokal yang lebih berkualitas lagi.”

Rachmat Kaimuddin, CEO Bukalapak mengatakan, “Salah satu komitmen Bukalapak adalah ingin mengambil peran penting dalam meningkatkan penetrasi digital di Indonesia, dengan cara membantu menciptakan ekosistem digital yang baik. Kami melihat terdapat peningkatan akses internet termasuk penggunaan video games selama pandemi Covid-19 berlangsung, oleh karena itu Bukalapak selalu melakukan inovasi berbasis teknologi sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi para pengguna, khususnya bagi pecinta video games di Indonesia. Kami sangat mendukung acara”Gelar Baparekraf Game Prime 2021 Online” ini karena hal ini akan terus mendorong masyarakat untuk menggunakan dan bangga atas produk-produk buatan Indonesia. Kami berharap kolaborasi dari berbagai pihak ini dapat mengkatalisasi kebutuhan akan digital gaming di Indonesia serta membuat video games dapat lebih mudah diakses oleh setiap kalangan di masyarakat.”

 

Online Game Exhibition

Developer game lokal Indonesia sudah memiliki banyak karya game yang sudah dihasilkan dan dipublikasikan bahkan dimainkan oleh gamer di seluruh dunia. Namun tidak sedikit gamer maupun masyarakat umum di Indonesia yang tidak tahu dan tidak memainkan game karya developer lokal Indonesia.

Baparekraf Game Prime 2021 Online menghadirkan Online Game Exhibition yang menjadi wadah untuk menampilkan 40 game karya developer lokal Indonesia yang lolos kurasi di gameprime.org. Dari 40 game yang nantinya akan mengisi Online Game Exhibition, akan disaring menjadi 10 game terbaik, dan akan dimainkan oleh konten kreator pada tanggal 7-8 Agustus 2021 di kanal YouTube masing-masing konten kreator.

Berikut adalah jadwal review game lokal dari para konten kreator di Online Game Exhibition Baparekraf Game Prime 2021 Online:

7 Agustus 2021
Pukul 13:00 WIB          : Review Coffe Talk, Stellagale the trials of faith oleh danidjidat di Kanal Twitch danidjidat
Pukul 14:10 WIB          : Review Escape From Naraka, Samudra oleh Anaktua di kanal YouTube Anak Tua
Pukul 15:10 WIB          : Review Rage in Peace, Rendezvous oleh rizkymaingame di kanal Twitch Rizkimaingame

8 Agustus 2021
Pukul 13:10 WIB          : Review Rising Hell, When the past was around oleh The Lazy Monday di Kanal YouTube The Lazy Monday
Pukul 14:10 WIB          : Review Rocky Rampage, Epic Conquest 2 oleh Pokopow di kanal YouTube Pokopow

Online game exhibition menjadi salah satu bagian yang penting dari Baparekraf Game Prime 2021 Online karena menjadi salah satu peluang untuk meningkatkan potensi dari industri kreatif Indonesia, khususnya produk game itu sendiri, untuk lebih dikenal oleh masyarakat luas.

“Di tengah pandemi yang kita hadapi, terdapat berbagai cara untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga secara online. Game merupakan salah satu kegiatan yang membantu menjembatani hubungan tersebut. Misalnya, laporan Year In Search 2020 menunjukkan bahwa ada peningkatan 25% dalam penelusuran seputar “mabar” atau main bareng di YouTube. Kami juga percaya bahwa, ‘Gaming’ bukan hanya kegiatan untuk mengisi waktu, tapi juga membuka peluang baru bagi industri kreatif Indonesia. Dari pro-player eSports, pengembang game, hingga streamer game; potensi dan kreativitas masyarakat Indonesia di bidang ini sangatlah besar. Oleh karena itu, mari kita dukung bersama #MainGameLokal.” ungkap Danny Ardianto, Manager Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah, Google Indonesia

Game Prime Show

Game Prime Show akan hadir dan memberi beragam informasi terkait perkembangan industri game Indonesia, serta memberi kesempatan bagi berbagai studio developer game Indonesia untuk memberikan update mengenai berbagai hal terkait pengembangan game yang sedang maupun akan dilakukan.

Juga tentunya akan ada berbagai informasi penting pemerintah Indonesia khususnya dalam program-program untuk mendukung perkembangan industri game di Indonesia khususnya dukungan terhadap studio-studio game lokal Indonesia.

Game Prime Awards

Game Prime Awards adalah ajang penghargaan bagi game-game lokal karya anak bangsa, dan tentunya juga penghargaan bagi para pengembang atau studio game yang membuat sebuah karya.

Penghargaan ini akan diberikan kepada berbagai game sesuai dengan nominasi, dan tentunya juga dengan tokoh-tokoh yang selama ini berjuang untuk mengembangkan industri game tanah air.

Online Game Conference Development and Class

Bagi para pengembang maupun yang berminat untuk mengembangkan game di Indonesia, Online Game Conference Development and Class akan memberikan berbagai informasi, insight, hingga berbagai pengalaman dari pembicara sebagai ilmu untuk mengembangkan industri game di Indonesia.

Akan ada sesi Conference yang akan berisi 5 sesi dengan topik menarik terkait pengembangan game di Indonesia, dan tentunya menghadirkan pembicara yang sudah berpengalaman yaitu Muhammad Neil El Himam (Baparekraf), Cipto Adiguno (AGI), Ricky Setiawan (GGWP.ID), Kriswin Yuniar (Tahoe Games), Aditia Dwiperdana (GameTalent.id), Darang S. Candra (Niko Partners), Danny Ardianto (Google), dan Soma Putra (Stairway Games).

Ada juga sesi Class yang akan membahas mengenai topik-topik untuk menumbuhkan minat dalam pengembangan game sebagai dasar atau langkah awal untuk terjun sebagai pengembang atau developer game.Sesi Class akan menghadirkan Muhammad Gyan (Gambir Studio), Daniel William (Arcadesindo), dan Guntur Sarwohadi (GaweGame) sebagai pembicara.

Baparekraf Game Prime 2021 Online Free Fire Esport Tournament

12 tim Free Fire yang terdiri dari 10 tim profesional dan 2 tim terbaik dari Road to Baparekraf Game Prime 2021 Online akan bertanding memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah. pada tanggal 7-8 Agustus 2021 di Baparekraf Game Prime 2021 Online Free Fire Esport Tournament!

Seluruh tim yang akan bertanding adalah First Raider, Saudara Esports, Redbull Rebellion, EVOS Immortal, Onic Esports, The Pillars Esports, Rosugo Esports, Aura Esports, Dewa United Esports, Boom Esports, dan dua tim dari kualifikasi road to Baparekraf Game Prime 2021 Online yaitu Orion Elite dan LGK Esports.