Baparekraf Game Prime 2020 Hadir Secara Online Dengan Beragam Esport, Gim, Edukasi, Hingga Hiburan

120
Baparekraf Game Prime 2020

mediahavefun.com – Tahun lalu Bekraf Game Prime yang sekarang berevolusi menjadi Bapapekraf Game Prime tahun ini hadir secara online. Acara ini akan berlangsung tanggal 1 hingga 5 Agustus 2020.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi COVID-19 membatasi aktivitas kita di luar rumah. Namun, Baparekraf Game Prime tetap berkomitmen untuk menghadirkan kegiatan yang mendukung perkembangan dan pertumbuhan game tanah air. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan acara esports, gim, edukasi, hingga hiburan yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia secara online atau daring.

Konsep yang dibawakan kali ini membawa hal pameran dan ekshibisi kedalam daring. Acara yang dimana memungkinkan seluruh pengunjung nasional atau pun internasional bisa menikmati acara ini.

“Baparekraf Game Prime (BGP) bertujuan untuk meningkatkan kualitas developer gim Indonesia melalui pertukaran ilmu dengan developer dan pelaku industri gim internasional, serta meningkatkan exposure dari gim-gim lokal agar bisa diketahui lebih banyak oleh masyarakat luas,” tutur Joshua Puji Mulia Simanjuntak, Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif.

Ia menambahkan, “Dengan adanya acara ini diharapkan gim buatan anak negeri dapat bersaing dengan gim internasional di pasar nasional maupun internasional.”

“BGP 2020 ini adalah BGP yang kelima. Artinya setiap tahun kita berkomitmen untuk mengadakan Baparekraf Game Prime ini untuk memfasilitasi para teman-teman gim developer untuk berjejaring, untuk memperkenalkan gim mereka yang baru,” kata Joshua Puji Mulia Simanjuntak dalam acara konferensi pers Baparekraf Game Prime 2020.

“Dan kita memang mempunyai komitmen untuk mengakselerasi industri gim di tanah air. Teruslah berkarya, kami terus berkomitmen untuk membawa, mengembangkan gim Indonesia ini.” lanjut Joshua Puji Mulia Simanjuntak.

Yuana Rochma Astuti selaku Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif menambahkan harapan mengenai hasil dari dilaksanakannya Baparekraf Game Prime 2020. Beliau mengatakan dengan adanya Baparekraf Game Prime 2020 ini diharapkan industri game nasional akan maju dan memberi kontribusi lebih.

“Yang pasti pertama ini kita ingin memajukan industri game nasional. Kalau sudah maju, harapannya adalah kontribusinya kepada GDP naik. Sekarang sudah tinggi, akan tambah naik lagi. Nantinya setelah itu eksistensi game Indonesia mulai diperhitungkan baik di Indonesia maupun di Internasional terutama.” kata Yuana Rochma Astuti.

“Kemudian yang tidak kalah penting, kita bisa menemukan potensi gamer di daerah. Potensi-potensi itu yang harus kita cari terus. Terakhir yang pasti meningkatkan jejaring seluas-luasnya. Jadi bertambah pengetahuan.” lanjut Yuana Rochma Astuti.

Para Pelaku Industri Gim di Baparekraf Game Prime 2020

Sementara keberadaan BGP 2020 bagi para pelaku industri gim di Indonesia menjadi ajang untuk menciptakan sejarah baru, seperti yang diwakilkan oleh Ketua Umum Asosiasi Game Indonesia, Cipto Adiguno.

“Selama beberapa tahun terakhir Game Prime telah berkembang menjadi acara akbar bagi pemain gim di Indonesia. Tidak hanya anak muda, Game Prime juga menjangkau orang tua dan anak-anak,” ungkap Cipto Adiguno, Ketua Umum Asosiasi Game Indonesia (AGI).

“Di era yang semakin digital seperti sekarang, gim menjadi medium yang diterima oleh masyarakat umum dan tidak lagi sekadar ‘mainan anak kecil atau anak muda.’ AGI berharap Game Prime dapat memperkenalkan gim ke masyarakat luas, mengedukasi baik-buruknya pada orangtua dan anak, dan berbagi keseruan digital yang di saat pandemi ini menjadi jalan keluar masyarakat yang terkurung di rumah masing-masing,” lanjut Cipto Adiguno.

Tambahan lain dari CEO GGWP.ID yang juga hadir di konferensi pers Baparekraf Game Prime 2020 adalah mengenai konsep online yang pertama kali diusung di sepanjang pelaksanaan Game Prime tidak akan mengurangi esensi untuk memperkenalkan gim buatan Indonesia.

“Game Prime selalu menciptakan sejarah setiap tahunnya. Tahun ini untuk pertama kali kita hadir dalam format online tanpa mengurangi esensi memperkenalkan gim buatan Indonesia di mata dunia,” ujar Ricky Setiawan, CEO GGWP.ID.

Apa saja yang hadir didalam BGP?

Baparekraf Game Prime 2020 Online akan berlangsung  mulai tanggal 1 hingga 5 Agustus 2020. Siap menghadirkan banyak acara menghibur mulai dari yang bertema gim dan esports, hingga edukasi!

Adapun rangkaian acara yang akan berlangsung dan bisa disaksikan oleh para penonton adalah Indie Game Exhibition, Masterclass and Webinar untuk peminat pengembangan gim, Werewolf dan Tebak Gambar bersama influencer, dan tentunya turnamen esports PUBG Mobile Online Tournament dengan total hadiah Rp100.000.000 yang akan mengundang 14 tim profesional di Indonesia dan 2 tim terbaik dari Road to Baparekraf Game Prime 2020 Online!

Indie Game Exhibition

kalian bisa mencoba Gim Indie di web official gameprime, disini kalian bisa mencoba gim demo ada. Diantara gim disini mungkin ada yang masih penasaran bisa kalian coba disini. Gim yang ada disini sekitar 30 judul yang bisa kalian nikmati.

Turnamen eSport PUBG

Untuk permainan esport yang biasanya kalian menonton langsung di Balai Kartini. Untuk tahun ini kalian menikmati para pemain secara Streaming di youtube ggwp.id. Disini kalian tetep menyaksikan pertandingan seru dengan penantang yang hadir disini.

Masterclass and Webinar

Untuk masterclass dan webinar ini diundang dari tamu luar negeri yang menambah wawasan pengunjung dengan topik yang dibawakan antara lain:

Webinar Topics

  • SEA Gamer Insight dan Bagaimana cara memenangkan pasar
  • Meningkatkan karir pengembang GimLevel up Your Career in Game Development
  • Post Mortem: No Straight Roads
  • Keuntungan Dimasa Pandemic
  • Bagaimana cara melindungi IP

Masterclass Topics

  • Cara membuat gim sederhana dari awal
  • Game Character Design: dari sketsa sampai selesai
  • Persingkat Timeline Pengembangan dengan Unreal [YKY]