10 Indikasi Terkena Diabetes Yang Perlu Diingat

182
Indikasi Terkena Diabetes

Diabetes, sekelompok kendala metabolisme yang ditandai dengan kandungan gula darah tinggi selama jangka waktu yang lama, mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Federasi Diabetes Internasional (IDF) mengatakan bahwa dari 371 juta yang diperkirakan mengidap diabetes, sekitar 187 juta dari mereka tidak menyadari bahwa mereka mengidap penyakit itu. Indikasi terkena diabetes ini perlu diperhatikan gejala yang dialami.

Penambahan Berat Badan

Rasa lapar konstan saat mengidap diabetes dapat menyebabkan penambahan berat badan. Resistensi insulin menyebabkan penderita, khususnya mereka yang mengidap diabetes tipe 2, mengalami kenaikan berat badan dan mengalami kesulitan menumpahkan pound ekstra

Penurunan Berat Badan

Penambahan berat badan biasanya dikaitkan dengan diabetes, tetapi penurunan berat badan juga bisa menjadi gejala penyakit ini. Ini cukup umum bagi mereka yang mengidap diabetes tipe 1. Lihat, kehilangan gula melalui sering buang air kecil yang disebabkan oleh diabetes berarti kehilangan kalori.

Meningkat Rasa Haus

Penderita diabetes seringkali lebih haus dari biasanya dan sering mengalami mulut kering. Sering buang air kecil yang disebabkan oleh diabetes juga bisa membuat seseorang dehidrasi dan mengidam cairan. Rasa haus yang meningkat ini adalah gejala yang disebut polidipsia.

Bercak Gelap di Kulit

Bintik gelap yang muncul entah dari mana, tumbuh, dan berlipat ganda bisa menjadi tanda diabetes tipe 1. Pastikan untuk memeriksa kulit Anda dari penyimpangan, dan segera berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda melihat sesuatu yang salah.

Kelaparan Konstan

Diabetes dapat mencegah gula dari makanan Anda mencapai sel-sel Anda, dan ini dapat menyebabkan kelaparan terus-menerus. Ini, bersama dengan hilangnya kalori karena sering buang air kecil, dapat menyebabkan keinginan dan makan berlebihan.

Nyeri Ekstremitas

Kelebihan gula dalam darah dapat menyebabkan kerusakan saraf dan menyebabkan hilangnya sensasi di tangan dan kaki. Penderita juga dapat mengalami rasa sakit yang membakar di tangan, lengan, kaki, dan kaki.

Iritabilitas dan Perubahan Suasana Hati

Kadar glukosa yang rendah dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang ekstrem, sehingga memperhatikan tidak hanya aspek fisik tetapi juga aspek emosional yang penting. Kemarahan yang sering terjadi bisa menjadi tanda hal yang lebih serius.

Penyembuhan Luka Secara Perlahan

Penyembuhan luka yang lambat adalah tanda umum dari diabetes . Infeksi lebih sering terjadi pada penderita diabetes, dan itu mungkin karena kadar gula darah yang tinggi merusak proses penyembuhan alami tubuh dan kemampuannya untuk melawan infeksi.

Kulit Gatal

Gejala ini juga dikenal sebagai pruritus, dan biasanya terasa di tungkai bawah. Gatal tersebut disebabkan oleh aliran darah yang buruk dan tidak teratur. Lotion dan krim biasanya diresepkan oleh dokter untuk meredakan gejala ini.

Perubahan Penglihatan

Diabetes juga memengaruhi mata. Kadar gula darah yang tinggi dapat mengambil cairan dari jaringan, termasuk lensa mata. Ini bisa membuat mata sangat sulit untuk fokus. Jika tidak diobati, diabetes dapat menyebabkan pembuluh darah baru terbentuk di retina dan merusak pembuluh darah yang sudah terbentuk.

Perhatikan indikasi terkena diabetes ini, tetapi pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda dan bekerja menuju gaya hidup sehat.